Jumat, 08 April 2011

UMAT HINDU DITUNTUT MENGEMBANGKAN POTENSI


UTSAWA_WEBKUALA KAPUAS – Umat Hindu adalah merupakan bagian integral dari bangsa Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama serta bersama-sama dengan umat beragama lainnya senantiasa dituntut untuk mengembangkan potensi diri guna menyukseskan pembangunan bangsa.
Demikian sambutan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM dibacakan Sekda Drs H Nurul Edy MSi pada acara  Dharma Santi Nyepi Caka 1933 dan Pembukaan Utsawa Dharma Gita VIII Tingkat Kabupaten Kapuas, di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas, Jum’at (8/4) malam.
Selanjutnya dikatakan, pembangunan agama sebagai bagian dari pembangunan nasional diarahkan agar terciptanya tiga kondisi ideal kehidupan beragama , semakin meningkatnya wawasan kualitas kadar keimanan masyarakat terhadap agama yang diyakini.
Hal ini sangatlah penting, terang HM Mawardi, guna mengantisipasi laju pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, sehingga  akan muncul pergeseran nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat.
Semakin meningkatnya penghayatan dan pengamalan keagamaan secara utuh dan segar, yang mampu mendorong semangat membangun untuk menyonsong hari esok yang lebih baik. Serta semakin kokoh mantaapnya tri kerukunan hidup beragama yang merupakan tiang penyangga utama dalam menjaga stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.
HM Mawardi menyambut baik dan gembira dengan dilaksanakannya Utsawa Dharma Gita ini. Semoga pelaksanaan dimasa yang akan datang semakin lebih meningkat lagi baik kualitas maupun kuantitas, harapnya.
Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia I Wayan Arnatha SH menjelaskan, pelaksanaan Utsawa Dharma Gita atau Seni Membaca Weda berlangsung 3 hari, 8 s/d 10 April 2011, diikuti 285 orang peserta .
Jenis kegiatan/lomba, utsawa pembacaan mantra/sloka, pembacaan palawaknya, dharma wacana (penceramah agama), dharma widya (cerdas cermat), utsawa hapalan sloka dan eksibisi lagu-lagu daerah Kalteng.
Acara Dharma Santi Nyepi Caka 1933 dan Pembukaan Utsawa Dharma Gita VIII Tingkat Kabupaten Kapuas, ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda Nurul Edy.
Dihadiri Wakil Bupati Karang Asem Bali I Made Sukerana SH, Ketua DPRD Kapuas Robert L Gerung SE MM, Unsur Muspida , Ketua PHDI Kalteng , Kepala SKPD, dan sejumlah undangan lainnya

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda