Senin, 20 Juni 2011

KONDISI MASJID MEMPRIHATINKAN, DIBANTU Rp85 JUTA


web_masjid_cemaraKUALA KAPUAS – Kondisi masjid yang memprihatinkan di Desa Cemara Labat Kecamatan Kapuas Kuala menjadi perhatian Bupati Kapuas HM Mawardi. Disaat menggelar kegiatan di desa tersebut, Senin (20/6), Bupati dan Wakil Bupati Suraria Nahan menyempatkan diri melihat langsung kondisi masjid dimaksud didampingi pengurus masjid.
Masjid Al Qamar saat ini kondisinya sungguh jauh dari layak untuk digunakan sebagai sarana ibadah. Melihat kondisi tersebut, Bupati secara spontan meminta kepada Kepala SKPD yang ikut serta mendampingi saat melakukan panen padi di desa tersebut untuk ikut membantu penyelesaian pembangunan masjid.
“Tolong nanti Kepala SKPD bantu masjid ini agar cepat selesai diperbaiki. Apalagi kita lihat sendiri kondisi masjid sudah mengalami kerusakan karena termakan usia,” kata Mawardi.
Menurut pengurus Masjid Al Qamar, H Taufik, saat ini kondisi masjid yang belum selesai diperbaiki tersebut terlihat banyak kerusakan. Bahkan atap masjid banyak bolong sehingga jika hujan datang maka masjid akan kebanjiran.
“Masjid ini dibangun tahun 1960 dengan luas 12X12 meter. Saat ini kami akan memperluas bangunan masjid menjadi 20X20 meter. Tapi kami saat ini hanya mampu membuat tiang masjid dari cor beton,” kata Taufik.
Untuk merampungkan bangunan masjid ini, pihaknya memperkirakan akan memerlukan dana sekitar Rp200 juta lebih dan nantinya diharapkan mampu menampung seribu jamaah. “Jumlah penduduk di desa ini mencapai 800 kepala keluarga,” tambahnya.
Menariknya dana dari kunjungan Bupati Kapuas tersebut berhasil dikumpulkan dana secara spontan mencapai Rp85 juta. Dana ini berasal Bupati dan Wakil Bupati Rp25 juta, Dinas Transmigrasi Rp10 juta, Dinas PU Rp10 juta, Dinas Pertanian Rp5 juta, Dinas Kelautan dan Perikanan Rp5 juta.
Kemudian dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Rp5 Juta, PDAM Rp5 juta, Dispenda Rp2,5 juta, Bappeda Rp2,5 juta, Dinas Kesehatan Rp2,5 juta, RSUD Rp2,5 juta dan Disnaker rp2,5 juta. Lalu dari Bank Pembangunan Kalteng, Bank Mandiri, BRI masing Rp1 juta. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda