Senin, 24 Oktober 2011

PEMKAB KAPUAS MOU DENGAN INVESTOR CINA


web_1PALANGKA RAYA – Pemerintah Kabupaten Kapuas melakukan kesepakatan bersama dalam pembangunan pelabuhan laut batubara, armada kapal, pembangkit listrik tenaga uap dan pabrik semen dengan PT Sinar Senusa Kalimantan (PT. SSK), Senin (24/10) pagi.
Kesepakatan bersama ini dilakukan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng antara Bupati Kapuas HM Mawardi dan Direktur Senusa Kalimantan Wan Shi jun dihadapan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang.
Pada kada kesempatan itu selaku Kepala Daerah Provinsi Kalteng, Gubenur Teras Narang juga ikut mengetahui dengan membubuhkan tandatangan dalam kesepakatan dimaksud.
Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bappeda Kapuas Herson B Aden dan Plt Kepala Dinas Perhubungan Drs Ahmad Sofian. Kemudian tampak pula sejumlah pejabat lingkup Provinsi Kalteng termasuk Kepala BPMD Provinsi Kalteng.
Menurut Bupati Kapuas HM Mawardi kesepakatan bersama ini dan sangat menentukan keberhasilan dalam upaya Pemkab Kapuas mewujudkan percepatan pembangunan pelabuhan batanjung dan pemanfaatan pengembangan kawasan industri disekitar pelabuhan laut batanjung agar dapat berjalan dan berfungsi secara optimal dan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat dan dunia usaha. Rencana investasi pembangunan pelabuhan laut batubara, armada kapal, pltu dan pabrik semen di pelabuhan batanjung ini juga berguna untuk mendukung rencana program pembangunan provinsi Kalteng yaitu moda transportasi jalan kereta api ruas puruk cahu (lokasi tambang)                         ke bangkuang sepanjang 185 km dan setelahnya dilanjutkan dengan moda transportasi sungai sampai dengan outlet di batanjung (laut jawa). Pada saatnya nanti ruas bangkuang – batanjung ini juga akan ditangani dengan moda jalan kereta api, sehingga dapat menekan biaya yang tinggi dan kepastian waktu pengangkutan.
“Investasi penanaman modal asing ini melalui investor china an. Pt. SSK merupakan salah satu hasil kegiatan promosi investasi yang telah dilaksanakan oleh Gubernur Kalteng beberapa waktu yang lalu di China. “Perlu kami sampaikan bahwa investasi penanaman modal yang akan dilaksanakan merupakan swasta murni dengan tidak menggunakan dana maupun asset pemerintah daerah, baik dalam proses pengadaan tanah maupun pembangunan kontruksinya serta perusahaan ini telah memiliki kantor cabang di kota Kuala Kapuas sebagai salah bentuk keseriusan dan dapat berkoordinasi secara cepat dengan pemda Kapuas,” terangnya.
web_2Lebih lanjut dijelaskan tindak lanjut dari kesepakatan bersama ini adalah pelaksanaan perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak yang saling menguntungkan dan berupa pembentukan tim kelompok kerja (pokja) percepatan pengembangan pelabuhan batanjung dengan melibatkan skpd terkait, terutama di dalam penyelesaian pembebasan status tanah melalui proses ganti rugi lahan dengan bekerjasama seluruh masyarakat dan pihak Kecamatan Kapuas Kuala.
Sementara itu Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang menyambut baik kerjasama ini. Hal ini merupakan terobosan yang konkrit dalam upaya ikut serta membangunan Provinsi Kalteng. “Pemprov siap membantu menindaklanjuti dan menjembatani kerja sama ini,” terangnya.
(humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda