Rabu, 11 Januari 2012

RESES SARANA SERAP ASPIRASI MASYARAKAT


web_paripurna12
KUALA KAPUAS - Kegiatan reses merupakan salah satu media dan alat komunikasi politik yang efektif bagi seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas untuk menyerap berbagai informasi, aspirasi, kebutuhan dan keinginan dari masyarakat yang menjadi konstituennya.

Demikian dikatakan oleh Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutan tertulis pada Rapat Paripurna Ke-12 DPRD dengan Agenda Penyampaian Laporan Hasil Reses Dalam Daerah, Penyampaian Laporan Kegiatan Dewan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2011 Serta Penutupan Masa Persidangan III Sekaligus Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2012, Selasa (10/1) pagi. Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Robert L Gerung didampingi oleh Wakil Ketua H Mahmud Iif Syafrudin dan H Asrani.
”Saya mengharapkan hasil kegiatan reses ini dapat menjadi bahan bagi dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten kapuas bersama dengan pemerintah daerah kabupaten kapuas sebagai sumbang saran untuk menyusun langkah strategis dan rencana kebijakan yang diperlukan, sehingga seluruh kebutuhan, keinginan dan aspirasi masyarakat tersebut dapat terakomodasi dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” ungkapnya.

Dijelaskan bahwa pemerintah daerah maupun DPRD Kapuas memiliki berbagai kekurangan dan keterbatasan, sehingga tentu tidak semua kebutuhan dan keinginan masyarakat dapat terpenuhi.  Oleh karena itu perlu disusun skala prioritas dengan mempertimbangkan aspek disparitas kebutuhan dan kemampuan serta kapasitas pemerintah daerah untuk memenuhinya.

Namun demikan dengan komitmen yang sama, semangat dan kerja keras dari kita semua selaku pengemban amanat rakyat yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Kapuas, saya yakin dan percaya secara bertahap seluruh kebutuhan dan keinginan masyarakat di kabupaten kapuas dapat kita wujudkan bersama sehingga tujuan kita untuk mewujudkan kabupaten kapuas yang Amanah (aman, maju, mandiri, sejahtera dan tangguh) dapat tercapai.

Penyelenggaraan tugas umum pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pelayanan dan pembinaan kepada masyarakat yang diemban oleh lembaga penyelenggara pemerintahan di daerah baik itu pemerintah daerah maupun DPRD serta lembaga lain yang ada di daerah bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan kerjasama, koordinasi dan kesepahaman yang sinergis antar lembaga tersebut agar terdapat sinkronisasi dalam rangka mencapai tujuan bersama.
Tentu dalam prosesnya akan terdapat kendala dan permasalahan yang muncul karena dinamika hubungan antar lembaga. Namun sudah seyogyanya jika kita memiliki komitmen dan kesepahaman bersama tentu berbagai kendala dan permasalahan tersebut justru dapat kita jadikan peluang untuk membangun dan mengembangkan hubungan kearah yang lebih baik.

”Oleh karena itu pada kesempatan ini saya menghimbau kepada kita sekalian untuk bekerja lebih optimal, menyamakan persepsi dan membangun komitmen bersama dalam prinsip “huma betang” untuk menghadapi semua permasalahan dan tantangan yang ada, sehingga segala permasalahan tersebut dapat diminimalisir dan dikelola secara arif dan bijaksana yang pada akhirnya tujuan kita bersama untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat di kabupaten kapuas ini dapat terwujud,” terangnya.

Sebelumnya telah disampaikan kegiatan dan hasil karya penting yang telah berhasil diselesaikan oleh DPRD Kabupaten Kapuas selama masa persidangan III tahun sidang 2011, serta telah dilaksanakannya reses ke wilayah kecamatan oleh anggota DPRD Kabupaten Kapuas berdasarkan daerah pemilihannya masing-masing. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda