Jumat, 10 Februari 2012

DPD RI KUNJUNGI KAPUAS


web_dpd1KUALA KAPUAS - Dalam rangka menjalankan salah satu tugas dan wewenang Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yakni memberikan pertimbangan kepada DPR terkait dengan produk rancangan perundang-undang     yang menyangkut hajat hidup orang banyak, maka DPD RI dari Komite III melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas, Kamis (9/2) pagi.
Pertemuan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kapuas yang diikuti langsung oleh 10 anggota DPD RI. Dalam pertemuan tersebut Bupati Kapuas HM Mawardi diwakili oleh Sekda Kapuas H Nurul Edy. Sementara itu dari DPD RI langsung dipimpin oleh Ketua Komite III DPD RI Hj Istibsyaroh dengan pimpinan rombongan Rogas Binti.
Menurut Hj Istibsyaroh kedatangan mereka untuk menyerap dan menghimpun, menampung dan merumuskan pandangan serta pendapat masyarakat dan pemerintah daerah terhadap persoalan pada bidang agama terkait dengan inventarisasi materi RUU tentang jaminan produk halal dan inventarisasi materi terkait rencana usul inisiatif RUU tentang keperawatan.
“Sesuai fungsi DPD yakni sebagai lesgislasi, pertimbangan dan pengawasan kami ingin menyarap dan menampung aspirasi terkait kedua rancangan undang-undang dimaksud,” jelasnya.
Saat pertemuan berlangsung Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Nurul Edy meminta kepada peserta pertemuan ini yang terdiri dari kepala dinas/kantor di lingkungan Pemkab Kapuas serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi profesi agar dapat memberikan masukan-masukan yang berarti sebagai bahan tindaklanjut bagi DPD RI.
Lebih jauh dijelaskan pembangunan bidang keagamaan dan kesehatan di Kabupaten Kapuas, secara umum sudah dirumuskan dalam visi dan misi di bidang keagamaan diantaranya mewujudkan kehidupan masyarakat kebupaten kapuas yang taat beragama, cerdas, maju, rukun, sejahtera dan berakhlak mulia.
Lalu meningkatkan kualitas pembinaan, pemahaman pengalaman dan penghayatan kehidupan umat beragama menuju masyarakat yang berakhlak karimah. Meningkatkan atau memperkokoh kerukunan umat beragama. Meningkatkan kualitas pendidikan agama dan pendidikan keagamaan. Meningkatkan kualitas pelayanan dan penyelenggaraan ibadah haji, memberdayakan umat beragama dan lembaga keagamaan serta meningkatkan tata kelola pemerintah yang akuntabel.
Sementara dalam bidang kesehatan sesuai dengan visi dan misi menuju kapuas sehat 2013 yakni mewujudkan masyarakat hidup dalam lingkungan dan dengan perilakau sehat, terlindung dari kemungkinan buruk akibat penyakit menular, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang optimal, dengan didukung oleh sumber daya manusia yang handal sesuai kopetensi.
“Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah daerah memberikan 11 pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat di puskesmas,” tukasnya. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda