Senin, 20 Februari 2012

MTQ KABUPATEN DIIKUTI 14 KECAMATAN


web.mtq1KUALA KAPUAS – Rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke (MTQ) ke 40 Tingkat Kabupaten Kapuas berlansung sukses dan lancar, Sabtu (18/2). Kegiatan dipusatkan di Desa Anjir Sarapat km 10 Kecamatan Kapuas Timur ini dimulai dengan pawai taaruf yang dilepas langsung oleh Sekda Kapuas H Nurul Edy yang diikuti oleh 14 kecamatan yang ada di Kapuas pada sore hari.
Sebelumnya pada pagi harinya Bupati Kapuas HM Mawardi melantik dewan hakim . Kemudian pada malam harinya dimulailah puncak pembukaan MTQ yang ditandai dengan defile peserta MTQ dan penampilan drumband Bahana Gita Praja binaan TP-PKK Kapuas Hj Aliyah Mawardi.
Penampilan mereka mampu memukau ribuan penonton yang memadati lapangan sepak bola Anjir Km 10. Saat pembukaan berlangsung tampak Bupati Kapuas HM Mawardi beserta isteri, Wakil Ketua DPRD H Asrani, unsur Forkominda, tokoh agama, tokoh masyarakat serta sejumlah Kepala SKPD dan Camat.
Ketua Panitia MTQ Tingkat Kabupaten Kapuas yang juga Camat Kapuas Timur, Drs Abdul Hamid mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 14 kecamatan dengan jumlah peserta official sebanyak 455 orang. Ada lima cabang yang dilombakan yakni tilawah, tahfizh, fahmil Quran, syaril Quran dan katam Al Quran.
Sementara itu Ketua Lembaga Pengambangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kapuas, H Nurul Edy mengatakan LPTQ sesuai dengan kafasitasnya selalu proaktif untuk meningkatkan peran dan fungsinya sebagai program kerja tahunan melaksanakan MTQ dan STQ.
“Kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik dan sukses tanpa adanya dukungan serta keterlibatan dan proaktif semua pihak yang terkait. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami menyampaikan ribuan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Bupati Kapuas yang memberi dukungan kegiatan ini,” terang Nurul Edy.
Ditempat yang sama Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutannya menjelaskan penyelenggaraan MTQ ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al Quran.
Hal ini sejalan dengan tujuan hidup kita yang ingin mewujudkan persaudaraan dan ingin membangun persatuan. “Kita ingin daerah kita tetap utuh dan bersatu dan kita juga ingin mewujudkan Kapuas menjadi kabupaten yang amanah,” terangnya.
web.mtq_kabDia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan qori-qariah dan hafizh-hafizah terbaik yang akan menjadi duta Kabupaten Kapuas untuk meraih target juara umum di MTQ XXVI Tingkat Provinsi Kalteng nantinya.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pemukulan beduq tanda dimulainya MTQ dan dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir MTQ yang tahun lalu diraih oleh Kecamatan Kapuas Kuala untuk diperebutkan kembali.
Diakhir acara dilanjutkan dengan tarian kolosal yang menampilkan siswa dan siswi SMA-1 Kapuas Timur yang membawakan tarian menanam padi. Sesuai rencana MTQ ini akan berakhir pada hari Rabu tanggal 22 Februari 2012. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda