Kamis, 16 Februari 2012

KAWAL HASIL USULAN PRIORITAS MUSRENBANG KECAMATAN


web.hilirKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas HM Mawardi meminta hasil kesepakatan yang dirumuskan dalam musrenbang kecamatan diharapkan menjadi usulan prioritas dalam pembangunan di Kabupaten Kapuas.
Demikian disampaikan Bupati saat membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan Kapuas Hilir, Selasa (14/2) siang di aula kantor kecamatan setempat. Acara ini diikuti oleh sejumlah pejabat baik dari pejabat eselon II, III dan IV.
Nantinya usulan kegiatan prioritas masyarakat lintas pembiayaan baik melalui APBD, APBN, PNPM, ADD,swadaya masyarakat, partisipasi dari pihak swasta dan yang lainnya sebagai bagian dari dokumen perencanaan yang akan terus dikawal bersama  sampai  pada  proses penganggarannya.
“Secara khusus juga saya minta dukungan dari semua fasilitator PNPM  kecamatan untuk mengawal kesepakatan pembiayaan program/kegiatan khususnya usulan yang akan dibiayai melalui kegiatan PNPM agar konsisten mengakomodir usulan kegiatan tersebut,” terangnya.
Demikian juga kepada para Kades dan Lurah agar senantiasa memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat bahwa program PNPM merupakan program pemerintah secara nasional secara bersama-sama dengan pemerintah kabupaten dan merupakan salah satu bagian dari program Pemkab Kapuas.
Hal ini penting karena disampaikan kepada masyarakat agar keberadaan kegiatan PNPM jangan sampai dipahami sebagai kegiatan yang bukan kegiatan pemerintah Kabupaten Kapuas.
Selanjutnya konsep  ekonomi  kerakyatan dikembangkan sebagai upaya  untuk  lebih  mengedepankan  masyarakat dengan kata  lain konsep  ekonomi kerakyatan dilakukan  sebagai  sebuah  konsep untuk membangun  dengan  lebih mengutamakan  kesejahteraan.
Oleh  karena  itu  saya  minta  semua  camat, kepala desa dan lurah untuk secara aktif mendorong dan mengkoordinasikan pengembangan usaha-usaha ekonomi masyarakat dengan  memanfaat  potensi  wilayah kecamatan, desa dan kelurahan yang  sudah  ada  dikelola  oleh  masyarakat  serta mengoptimalkan  peran usaha  mikro, kecil  dan menengah atau  koperasi.
Ditempat yang sama Camat Kapuas Hilir, Dra Hartini mengungkapkan untuk wilayah Kecamatan Kapuas Hilir, kegiatan musrenbang di tingkat desa maupun kelurahan sudah dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan di tahun 2012 penyusunan program pembangunan tahun 2013 masing-masing desa/kelurahan sudah menggunakan RPJMDes/kelurahan untuk program 5 tahunan, dan telah dituangkan dengan rencana kerja pembangunan (RKP) tahunan desa maupun kelurahan, dengan summber dana yang jelas.
“Sehingga diharapkan dengan penyusunan yang saling berintegrasi baik dari sumber dana ADD, APBD dan PNPM tidak ada lagi program yang tumpang tindih,” terangnya. Usai pembukaan Bupati beserta rombongan melihat secara langsung proyek pembangunan yang telah dihasilkan pada tahun 2011 lalu. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda