Sabtu, 18 Februari 2012

PERLU DIBENTUK WORKING GROUP TRANSMIGRASI


web.c-3KUALA KAPUAS – Guna mensinergikan dan memfokuskan pembangunan bidang transmigrasi, maka perlu dibentuk working group transmigrasi pada tingkat kabupaten. Hal ini untuk meminimalisasikan kegagalan dari program trasmigrasi.
Hal itu ditegaskan oleh Bupati Kapuas HM Mawardi saat menghadiri kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Masjid Ar Rahman C-3 Desa Rawa Subur Kecamatan Kapuas Murung, Kamis (16/2) pagi.
Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan warga transmigrasi yang menempati lokasi transmigrasi di kawasan tersebut. “Kita ingin program transmigrasi ini bisa berhasil, jangan sampai setelah ditempatkan lalu ditinggalkan tanpa dilakukan pembinaan secara insentif,” tegas Mawardi.
Menurutnya working group ini nantinya beranggotakan pada SKPD terkait, sehingga program pembangunan serta program penyuluhan dapat langsung menyentuh masyarakat transmigrasi. Dengan demikian tidak ada lagi trasmigrasi gagal, karena para transmigran pulang kampung.
Lebih jauh dikatakan investasi disekitar lokasi transmigrasi ini telah berjalan, apakah dari sektor pertanian atau perkebunan. Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat ikut serta perpartisifasi misalnya dengan pola plasma.
Selain itu orang nomor satud di Kabupaten Kapuas ini juga meminta kepada masyarakat untuk dapat memahami dan menjunjung tinggi pilosofi yang dimana bumi dipijak, maka disitulah langit dijunjung. Hal ini juga sesuai dengan filosofi huma betang, dimana walau berbeda tapi tetap satu.
Sementara itu Kades setempat, Suriansyah mengatakan jumlah para transmigran di lokasi ini berjumlah 362 kepala keluarga (KK), baik yang datang dari luar pulau ataupun penduduk lokal. “Antusias warga disini menyambut kedatangan Bapak Bupati sangat tinggi, hal ini terlihat warga sudah melakukan persiapan 15 hari sebelum kedatangan rombongan Bapak Bupati,” terangnya.
Disini pula telah terdapat sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Begitu pula karang taruna, kelompok pengajian maupun posyandu. Disela kegiatan juga diisi dengan penyerahan bantuan serta tausiah yang disampaikan oleh penceramah KH Abdul Khadir. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda