Kamis, 15 Maret 2012

FORUM GABUNGAN SKPD MILIKI NILAI STRATEGIS


web.forumKUALA KAPUAS - Kegiatan Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kapuas Tahun 2012 mempunyai arti yang sangat strategis untuk menyelaraskan program dan kegiatan SKPD kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan.
Hal ini ditegaskan oleh Bupati Kapuas HM Mawardi saat membuka kegiatan Forum Gabungan SKPD Tahun 2012 di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (15/3) pagi.
Kegiatan ini dihadiri oleh pula oleh Ketua DPRD Kapuas Robert  L Gerung, Sekda Kapuas H Nurul Edy, Kepala SKPD, seluruh Camat dan para pejabat eselon III dan IV di Lingkungan Pemkab Kapuas.
Ditambahkan Bupati Forum Gabungan SKPD ini juga akan mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan SKPD kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD.
Kemudian menyelaraskan program dan kegiatan antar skpd kabupaten, lintas skpd dan lintas wilayah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah..
Lalu menyesuaikan prioritas renja SKPD kabupaten tahun 2013 dengan  perkiraan plafon alokasi anggaran skpd dengan acuan awal yang digunakan adalah plafon anggaran masing-masing SKPD pada tahun 2012 ini.
“Sejak tanggal 13 Februari 2012 sampai dengan tanggal 7 maret 2012 yang lalu, kita bersama telah mengikuti rangkaian kegiatan musrenbang di 17  kecamatan. Dari hasil musrenbang kecamatan tersebut semua SKPD terkait saya harap sudah mencatat dan merekam semua usulan prioritas dan masalah masing-masing kecamatan sebagai bahan masukan untuk penyusunan rencana kerja skpd tahun anggaran 2013,” ungkapnya.
Apakah itu bersifat kerangka anggaran maupun kerangka regulasi yang selanjutnya dibahas lagi dalam forum gabungan SKPD kabupaten ini, yang  merupakan wahana antar pemangku kepentingan pembangunan sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.
Forum gabungan SKPD kabupaten dimaksudkan untuk melakukan pembahasan dan konsolidasi program/kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan oleh SKPD kabupaten pada tahun 2013.
Tentunya dengan cara membahas dan mensinergikan antara prioritas pembangunan  pada rancangan renja skpd kabupaten dengan usulan  prioritas hasil musrenbang kecamatan.
Hal ini memerlukan keseriusan, kerja keras, kejelian, kepekaan dan kecerdasan semua jajaran pemerintah daerah mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten untuk untuk mengoptimalkan serta mensinergikan berbagai sumber pembiayaan sehingga efektif untuk mengatasi masalah hal-hal mendesak yang menjadi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas, Ir Herson B aden, M.Si dalam laporannya menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai Kamis (15/3) sampai Jumat (16/3).
”Forum gabungan ini merupakan wahana antar pemangku kepentingan pembangunan sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah,” terangnya.
Forum ini dimaksudkan untuk melakukan pembahasan dan konsolidasi program/kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan oleh SKPD pada tahun 2013, dengan cara membahas dan mensinergikan antara prioritas pembangunan  pada ancangan rencana kerja SKPD dengan usulan prioritas kecamatan hasil musrenbang kecamatan. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda