Selasa, 27 Maret 2012

PT. SSK MULAI BERINVESTASI DI BATANJUNG


web.canang_sskKUALA KAPUAS – PT. Sinar Senusa Kalimantan (SSK) , investor asal negeri China mulai melakukan pembangunan di Batanjung Kecamatan Kapuas Kuala , Selasa (27/3) pagi. Tercatat tiga proyek besar yang bakal digarap yakni pelabuhan laut batubara, PLTU dan pabrik semen.
Pencanangan ketiga lokasi pembangunan proyek tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Kapuas HM Mawardi, Komisaris Utama PT. SSK Mr. Chin, Direktur Utama PT. SSK Mr. Wan Shijun, Ketua DPRD Robert L Gerung dan Kepala BPMD Provinsi Kalteng Leni Simon.
Lokasi pencanangan ini tidak terlalu jauh dengan Pelabuhan Laut Batanjung yang saat ini sedang dalam proses pembangunan dengan melakukan pemancangan tiang pelabuhan.
Tanda pencanangan dimulai dengan pemasangan batu dan semen pada pondasi yang akan menjadi lokasi pembangunan pelabuhan laut batubara, PLTU dan pabrik semen. Selain itu pada saat pencanangan juga ditandai dengan pesta kembang api.
“Acara adat dan pencanangan lokasi pelabuhan PT. SSK merupakan salah satu rangkaian kegiatan penting, strategis dan sangat menentukan keberhasilan dalam upaya mewujudkan percepatan pembangunan Pelabuhan Batanjung dan pemanfaatan pengembangan kawasan industri disekitar pelabuhan laut batanjung agar dapat berjalan dan berfungsi secara optimal dan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat dan dunia usaha,” terangnya.
Ditambahkan bahwa investasi penanaman modal yang akan dilaksanakan oleh investor China ini merupakan swasta murni dengan tidak menggunakan dana maupun asset pemerintah daerah, baik dalam proses pengadaan tanah maupun pembangunan kontruksinya serta perusahaan ini telah memiliki antor cabang di Kota Kuala Kapuas sebagai salah bentuk keseriusan dan dapat berkoordinasi secara cepat dengan Pemkab Kapuas.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama (mou) yang ditandatangani di Palangka Raya tanggal 24 Oktober 2011 yang diketahui dan disaksikan langsung oleh Gubernur Kalteng secara langsung serta naskah perjanjian kerjasama di Wuhan Provinsi Hu Bei China tanggal 12 November 2011 adalah kerjasama kedua belah pihak yang saling menguntungkan dalam mempercepat pembangunan investasi di kawasan Pelabuhan Batanjung.
Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas, Herson B Aden mengatakan ketertarikan investasi PT. SSK di Batanjung karena posisi strategis Batanjung memiliki keunggulan komperatif yang tinggi dan merupakan kawasan strategis di Asia Fasifik. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda