Senin, 14 Mei 2012

MARI GALAKKAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG


web.royong1web.royong2KUALA KAPUAS – Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) IX dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 40 Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2012 sebagai upaya untuk menggalakkan kembali semangat gotong royong dan keperdulian masyarakat dalam membangun desa sebagai bagian penting dalam pembangunan nasional.
Hal ini dikatakan oleh Bupati Kapuas Ir H Muhammad Mawardi MM ketika membuka BBGRM IX dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 40 di Desa Mampai Kecamatan Kapuas Murung, Senin (14/5) pagi.
Menurutnya keberhasilan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sangat ditentukan oleh partisipasi gotong royong masyarakat yang merupakan budaya nenek moyang dan telah diwariskan sejak dahulu. Oleh karena itu budaya ini jangan sampai pudar dan hanya tinggal kenangan.
“Saya mengajak kita semua untuk ambil bagian pada bulan bhakti gotong royong ini untuk meningkatkan prakarsa dan swasadaya masyarakat dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Bupati.
Pada dasarnya, pembangunan desa merupakan suatu gerakan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang ditentukan oleh swadaya dan gotong royong masyarakat itu sendiri.
Hal tersebut sejalan dengan konsep pembangunan desa yang berintika kepada usaha peningkatan swadaya dan gotong royong masyarakat, sehingga partisipasi masyarakat dalam pembangunan dirasakan sebagai suatu kewajiban.
“Sebagai bentuk perhatian Kabupaten Kapuas terhadap pemerintah desa, pada tahun ini telah dialokasikan dana Rp27 miliar lebih untuk alokasi dana desa (ADD) dan program pembangunandesa Amanah serta dinaikkan tunjangan aparatur pemerintahan desa dengan harapan dapat lebih meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyatakat,” terangnya.
Pada saat itu Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK telah menginisiasi dan memfasilitasi pembentukan di 90 desa pada 17 kecamatan pos pendidikan anak usia dini (POS PAUD) mulai tahun 2012.
Ditempat yang sama Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Ferly H Sangen mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mendorong dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk melestarikan budaya gotong royong dalam pelaksanaan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan selama satu bulan penuh pada bulan Mei 2012.
Kemudian untuk terus menggelorakan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dari, oleh dan untuk masyarakat agar keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertaqwa mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, mau dan mandiri.
Pada kesempatan itu juga penyerahan stimulan/bantuan kepada kelompok tani dan masyarakat berupa hand sprayer, sound system dan benih padi unggul. Selanjutnya juga dilaksanakan pemasangan implant gratis yang dilakukan oleh petugas Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Kapuas.
Sekedar diketahui bahwa pada Peringatan BBGRM ke IX dan HKG ke 40 Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2012 di Desa Puwareja Kecamatan Sematu Jaya Kabupaten Lamandau Tanggal 7 Mei 2012 lalu Bupati Kapuas HM Mawardi telah menerima penghargaan Pembina Terbaik Gotong Royong oleh Gubernur Kalteng. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda