Selasa, 19 Juni 2012

SEKDA BUKA BIMBINGAN TEKNIS ANALISIS JABATAN


web.anjabKUALA KAPUAS – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs. H Nurul Edy, M.Si secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis dan Asistensi Penyusunan Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja, Peta Jabatan dan Evaluasi Jabatan di Lingkungan Pemkab Kapuas, (19/6) pagi di Aula Kantor Bupati Kapuas.

kegiatan bimtek tersebut direkomendasikan untuk dilakukan pengkajian serta evaluasi yang komprehensif agar tidak menimbulkan permasalahan baru dalam sistem pembinaan dan pengembangan aparatur atau PNS.
“Pada prinsipnya kita sepakat perlu dilakukan reformasi aparatur  untuk memperbaiki pola karier, kinerja dan kesejahteraan,” terangnya. Kegiatan tersebut dapat dimulai dengan  analisis jabatan dan analisis beban kerja  pada seluruh skpd untuk menetapkan organisasi yang tepat fungsi, tepat ukuran dan menjadi dasar untuk menentukan peringkat jabatan dan nilai jabatan.
Selain itu agar pemerintah daerah segera mengambil langkah terkait pelaksanaan reformasi birokrasi didaerah, sebagai tindak lanjut dari agenda sosialisasi yang dilakukan Kementerian PAnpan dan RB bersama kemendagri pada tiga regional, yaitu  Riau, Mataram dan Makassar pada beberapa waktu lalu.
Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi yang intensif kepada pemerintah pusat untuk fasilitasi pelaksanaan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan, sdm aparatur untuk mewujudkan visi reformasi birokrasi yaitu terciptanya tata kelola pemerintahan yang bertaraf internasional.
“Selanjutnya melakukan pengkajian yang matang dan komprehensif terhadap perubahan yang ada, sehingga permasalahan yang timbul dapat diminimalisasi,” terangnya.
Ditempat yang sama Ketua Panitia Sinday, SE, MM mengatakan sasaran bimtek ini untuk peningkatan kualitas SDM aparatur di Lingkungan Pemkab Kapuas. Kemudian tersusunnya hasil analisis jabatan pada seluruh SKPD di Lingkungan Pemkab Kapuas. Kegiatan ini  dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai 29 Juni 2012.
“Analisis jabatan adalah proses pengumpulan data jabatan untuk dianalisis, disusun, dan disajikan menjadi informasi jabatan yang kemudian digunakan sebagai dasar bagi Penataan Organisasi (Kelembagaan), Penataan Ketatalaksanaan, Penataan dan Pengembangan SDM Aparatur serta Pengawasan Kinerja dan Akuntabilitas,” terangnya.
Sementara itu tujuan analisis jabatan adalah untuk menyediakan Informasi Jabatan sebagai fondasi/dasar bagi Program Manajemen Kepegawaian, Kelembagaan, Ketatalaksanaan, dan Pengawasan Kinerja.
“Dengan dilaksanakannya kegiatan Bintek dimaksud diharapkan semua peserta dapat memahami, menjabarkannya dan mengimplementasikannya dalam pelaksanaan tugas Kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan mulai tanggal 19 hingga 26 Juni 2012,” tukasnya. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda