Selasa, 12 Juni 2012

TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA RESMI DITUTUP


WEB.TNIKUALA KAPUAS – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 88 di wilayah Kodim 1011/KLK resmi ditutup oleh Bupati Kapuas Ir. H. Muhammad Mawardi, MM.  Acara ini dipusatkan di Halaman Kantor Camat Kapuas Murung, Selasa (12/6) pagi.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kapuas Robert L Gerung, Dandim 1011/KLK, Letkol Arm Moch. Erwansyah, anggota TNI, Polri, masyarakat dan para pelajar. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kapuas.
Panglima Kodam XII/Tanjungpura selaku PKO TNI Manunggal Membangun Desa Wilayah Kalbar dan Kalteng Mayor Jenderal TNI E. Hudawi Lubis dalam sambutan tertulis yang dibacaka oleh Bupati Kapuas mengatakan kegiatan ini serentak dilaksanakan di tiga lokasi dan TMMD Imbangan dilaksanakan di empat wilayah Kodam XII/TPR.
“Kegiatan TMMD yang dilaksanakan ini merupakan bentuk keperdulian TNI dalam memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan secara berkesinambungan dan berkelanjutan sehingga tercipta dan terbina kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka ketahanan nasional,” terangnya.
Perlu diketahui, tambahnya bahwa TMMD ini dilaksankaan selama 21 hari dengan sasaran fisik dan non fisik. Untuk TMMD reguler 1 lokasi wilayah di Korem 102/Pjg yaitu Kodim 1013/Mtw dan 2 lokasi di wilayah Korem 121/Abw yaitu Kodim 1204/Sgu dan Kodim 1206/Psb.
Sedangkan untuk TMMD Imbangan dilaksanakan di empat lokasi yaitu Korem 102/Pjg di 2 lokasi yaitu Kodim 1011/Klk dan Kodim 1012/Btk, untuk wilayah Korem 121/Abw ada 2 lokasi yaitu Kodim 1201/Mph dan Kodim/1207/Ptk.
“Kegiatan ini melibatkan para prajurit TNI/Polri yang tergabung dalam Satgas Manunggal Membangun Desa ke 88, bekerjasama masyarakat setempat serta instansi terkait untuk menyelesaikan sasaran kegiatan TMMD,” ungkapnya.
Lebih jauh dikatakan dari evaluasi pelaksanaan TMMD di berbagai kabupaten dalam wilayah Kalteng dan Kalbar selama ini menunjukkan betapa tingginya manfaat dari kegiatan ini untuk menunjang proses percepatan pembangunan di pedesaan, baik dari sarana fisik berupa rehabilitasi sarana prasarana maupun aspek pembangunan non fisik.
Sementara itu untuk pelaksanaan TMMD Imbangan di Kecamatan Kapuas Murung khususnya di Desa Palingkau Baru telah diselesaikan pembangunan semenisasi jalan sepanjang 940 meter dengan lebar 2 meter, kemudian pembuatan jembatan 3x2 meter.
Kemudian untuk pelaksanaan non fisik telah pula dilaksanakan penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan dan kamtibmas yang juga mengambil tempat di Desa Palingkau Baru.
Disela acara juga diiisi dengan serah terima pekerjaan dari Dandim 1011/KLK, Letkol Arm Moch. Erwansyah kepada Bupati Kapuas yang ditandai dengan penandatangan berita acara. Kemudian dilanjutkan dengan melihat foto-foto kegiatan TMMD. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda