Jumat, 19 Februari 2010

PEMKAB KAPUAS DUKUNG PERCEPATAN PRODUKSI BATUBARA


bara_lagiJAKARTA - Perusahaan yang telah mendapkan izin usaha produksi  untuk dapat memproduksi batubara dalam waktu dekat ini, dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas akan memberikan dukungan sepenuhnya guna percepatan produksi batubara, dengan tetap mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian disampaikan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM pada pertemuan antar investor pertambangan batubara dalam rangka percepatan produksi batubara di Kabupaten Kapuas, Kamis (18/2) di Hotel Borobudur Jakarta, terang Kasubag Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan Pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kapuas Sapto Subagio di Jakarta.

Dalam pengelolaan pertambangan HM Mawardi ingin adanya manfaat yang dirasakan lansung baik bagi pelaku usaha pertambangan pada khususnya dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kapuas pada umumnya, dengan dilandasi kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Selain adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Daerah, pembangunan di sektor pertambangan dapat menggerakan dan meningkatkan perekonomian (economic multiplier effect), khususnya pada sektor-sektor lainnya yakni usaha perkebunan, pertanian dan perikanan termasuk sektor kehutanan.

Dengan meningkatnya investasi di sektor pertambangan, diharapkan menjadi daya tarik untuk mengembangkan investasi di sektor-sektor lainnya yang potensial, sehingga hal ini akan semakin membuka peluang kerja dan berusaha bagi masyarakat sekitar.

Bupati HM Mawardi mengharapkan Kepada para memegang izin usaha pertambangan  batubara  baik yang dalam tahapan eksplorasi maupun produksi dapat memberdayakan masyarakat , khususnya masyarakat di Kecamatan-Kecamatan dan Kabupaten Kapuas pada umumnya.

Baik yang terlibat secara langsung dalam kegiatan pertambangan maupun dalam pembangunan sarana dan prasarana perusahaan. Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kapuas Ir Krin Prihatin, maksud kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui sejauh mana progres kegiatan yang telah dicapai oleh pemegang izin usaha pertambangan dan kendala-kendala yang dihadapi selama melaksanakan kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi.

Dengan tujuan untuk dapat menemukan solusi pemecahan masalah dan kendala-kendala yang ada guna tercapainya percepatan produksi batubara di wilayah Kabupaten Kapuas. Pertemuan itu diikuti 51 pemegang izin usaha pertambangan di wilayah Kabupaten Kapuas dan 4 investor, berlansung satu hari penuh. Dihadiri pula Sekda Kapuas Drs H Nurul Edy M,Si, Asisten II Ir Granit Sugiarto dan Asisten III Drs Johansyah. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda