Kamis, 18 Februari 2010

PEMANTAPAN LEMBAGA NON PEMERINTAH DI KABUPATEN KAPUAS


LSM_1KUALA KAPUAS – Bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas dilaksanakan Rapat koordinasi (Rakor) dengan Non-Governmental Organization (NGO) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas, Rabu (17/2). Kegiatan yang ini diprakarsasi oleh Bappeda Kabupaten Kapuas itu juga dihadiri SKPD terkait.

Menurut Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas, Ir Herson B Aden, M.Si kegiatan ini sebagai sarana untuk mensingkronkan kegiatan Pemkab Kapuas bersama NGO/LSM. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan. “Yang pasti kami ingin mensinkronkan kegiatan Pemda dengan NGO/LSM,” kata Herson.

Nantinya segala kegiatan yang akan dilaksanakan oleh NGO/LSM akan dirumuskan bersama dengan musrenbang yang dilakukan secara berjenjang. Mulai musrenbang desa, musrenbang kecamatan, musrenbang kabupaten serta musrenbang provinsi.

Dikatakan Herson, rata NGO/LSM yang bekerja di wilayah Kabupaten Kapuas bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup dan pengembangan ekonomi masyarakat desa. Dalam proses perencanaan, sangat diperhatikan skala prioritas pada aspek partisifasi masyarakat dan diketahui oleh NGO/LSM.

Saat pertemuan tersebut tercatat 8 NGO/LSM yang hadiri. Mereka adalah Kalimantan Forest and Climate Partnership (KFCP), Kemitraan Partnership, CARE, Sluices, Yayasan Cakrawala Indonesia, Yayasan Petak Danum dan Yayasan Tahunjung Tarung.

LSM_2Adapun kesimpulan hasil rakor meminta agar seluruh kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh NG/LSM dapat dilaporkan kepada Pemkab Kapuas dalam hal ini Bappeda Kabupaten Kapuas. Kemudian peserta rapat sepakat agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut secara periodik.

“Kegiatan ini perlu diteruskan/tindak lanjut, terlepas dari tanggapan miring mengenai pandangan terhadap NGO/LSM. Untuk itu saya berharap ada kerjasama yang baik dengan pihak NGO/LSM berupa ekspose bersama yang diatur dalam satu momen. Kemudian ada sharing terhadap SKPD yang berkompeten dan terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan,” tukasnya. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda