Kamis, 22 April 2010

MOMENTUM HARI KARTINI JADI BAHAN CERAMAH HABIB HABSYI


tamban_webtKUALA KAPUAS – Momentum Hari Kartini dimanfaatkan oleh Habib H Ahmad Al-Habsyi sebagai tema ceramah yang dilakukan dihadapan ratusan warga Desa Tamban Baru Tengah Kecamatan Kapuas Kuala, Rabu (21/4) siang. Pasalnya perjuangan Kartini merupakan perjuangan seorang ibu dalam emansipasi wanita.

Maka dari itu siapa yang durhaka kepada orang tua, maka niscaya neraka akan menjadi balasannya. Apalagi jasa seorang ibu yang telah mengandung dan melahirkan tidak dapat digantikan dengan apapun. ”Makanya dalam Alquran disebutkan surga dibawah telapak kaki ibu,” kata Habib Al Habsyi di Masjid Darul Mukmin Handil Sekawan Kecamatan Kapuas Kuala.

Habib asal Jakarta juga berharap para bapak untuk dapat memanfaatkan Hari Kartini untuk melayani ibu. Misalnya memasak atau menyiapkan keperluannya lainnya. ”Cobalah sekali-sekali kita melayani istri kita, sebab Nabi Muhammad SAW sangat memuliakan istrinya,” terangnya.

Bahkan ketika seorang sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad siapa yang harus kita hormati, maka ibumu. Lalu siapa lagi, Rasul menjawab ibumu, lalu siapa lagi Ibumu. Lalu siapa lagi Bapakmu. Maka sebab itu Rasul meminta agara umat Islam menghoramti Ibu, dengan cara tidak menyakiti atau durhaka kepadanya.

Bahkan sebelum menyampaikan tausianya, Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran juga mengaku sangat menyanyangi istrinya. Hal ini dibuktikan saat hendak makan pagi sebelum bertolak ke Masjid Darul Mukmin. Saat itu Wagub yang hendak makan bersama Bupati Kapuas mengurungkan niatnya untuk makan.

”Saat itu saya bilang dengan Pak Bupati agar kita mendahulukan istri kita untuk makan, sebab hari ini adalah Hari Kartini. Hal ini sebagai penghargaan kepada istri yang telah setia telah melayani kita selama ini,” jelas Wabup.

Sementara itu Bupati Kapuas HM Mawardi mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Kapuas Bersyukur yang telah digelar Selasa (20/4) malam di Kota Kuala Kapuas. ”Kegiatan ini masih dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas Ke-204 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Kapuas Ke-59, Tahun 2010,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu Wagub  Achmad Diran juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Darul Mukmin yang diserahkan kepada Kepala Desa Tamban Baru Tengah. Kala itu Wagub dan Bupati juga disertai oleh Istri yakni Hj Nani Achmad Diran dan Hj Aliyah Mawardi. Tak hanya itu pada lokasi yang sama juga digelar pengobatan gratis kepada masyarakat setempat. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda