Kamis, 12 Agustus 2010

BUPATI : PASAR WADAI MEDIA EKONOMI KERAKYATAN


wadai_webKUALA KAPUAS – Pasar wadai (kue) yang digelar setiap bulan Suci Ramadhan di Kuala Kapuas merupakan salah satu media untuk  menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan Kabupaten Kapuas.

Diharapkan pelaksanaannya dari tahun ke tahun bertambah meriah dan ramai di kunjungi oleh masyarakat yang akan berbelanja, sehingga dagangannya menjadi laris.

Hal itu disampaikan Bupati Kapuas Ir.HM Mawardi,MM pada pembukaan Pasar Wadai Ramadhan 1431 H/2010 M, Rabu (11/8) sore di Lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas, yang ditandai dengan pemukulan tarbang oleh Bupati

Pelaksanaan pasar wadai ramadhan tahun ini , dinilai HM Mawardi lebih  meraih dan ramai.

Pedagangnya lebih banyak, tidak hanya menjual wadai (kue), minuman dan makanan, tetapi juga pedagang konfeksi.

Agenda tahunan pasar wadai tersebut diharapkan dapat menjadi obyek wisata yang menarik , untuk itu agar  menjaga kebersihan , kerapian  dan lebih meriah, harapnya.

Pemerintah Kabupaten Kapuas menyambut baik dan mendukung diselenggarakannya pasar wadai ramadhan yang rutin kita laksanakan setiap tahun. Bekerjasama dengan pihak swasta membangun tempat sarana berjualan.

HM Mawardi mengharapkan mudah-mudahan dapat memenuhi kebutuhan berbuka puasa bagi masyarakat Kota Kuala Kapuas.

Pertimbangan ditetapkannya lapangan Bukit Ngalangkang sebagai tempat pasar wadai setiap tahun , antara lain agar dapat terjaga keamanan dan ketertiban. Aman dari segala gangguan dan tertib dalam pelakasanaannya sehingga tidak  menggangu kelancaran arus lalu lintas.

Terjaganya kebersihan agar terlihat rapi dan indah sehingga dapat menarik minat pengunjung untuk datang berbelanja  di pasar ramadhan.

Menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pengunjung dalam berbelanja untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa maupun keperluan makan dan minum masyarakat umum.

Apabila hal tersebut dapat dilaksanakan  dan terjaga  denga baik, maka Insya Allah, kata HM Mawardi  kegiatan pasar wadai ramadhan  dapat berjalan lancar dan sukses .

Sehingga  dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat maupun pedagang.

Ia mengajak bersama-sama menyambut dan menyemarakan bulan suci ramadhan 1431 H dengan melaksanakan ibadah puasa, sholat tarawih berjemaah, memperbanyak membaca Al Qur’an dan memberikan sadaqah/infaq serta memperbanyak amaliah lainnya.

Muliakan dan jaga kesucian bulan ramadhan dengan meningkaatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Bina  persatuan dan kesatuan demi terciptanya suasana aman, damai dan tentram di tanah air kita, khususnya Kabupaten kapuas, himbau HM Mawardi .

Menurut Camat Selat  Drs Yusransyah , pedagang  wadai yang berjualan di pasar   ramadhan sebanyak 40 pedagang.

Ditambah pedagang musiman konfeksi  yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga, pedagang dibidang  komunikasi , dealer/sub dealer sepeda motor , dan ajang promosi  TV Chanel Kapuas/PT Kapuas Multimedia.

Selesai membuka , Bupati HM Mawardi didampingi Wakil Ketua DPRD Kapuas, Mahmud Iip Safrudin,SIP, Unsur Muspida , Wakil Bupati Suraria Nahan,Dipl,ATP,ST, Ketua MUI KH Abdul Muthalib dan pejabat lainnya meninjau pedagang pasar wadai .

Pada peninjauan itu , Bupati HM Mawardi berdialog penuh kekeluargaan dan kearaban dengan beberapa pedagang pasar wadai , dan menyempatkan diri membeli wadai (kue),kurma,  bubur dan rujak.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda