Selasa, 10 Agustus 2010

INTEGRITASKAN PNPM DENGAN PROGRAM DESA


PNPM_WebKUALA KAPUAS – Integritaskan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat  Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dengan program Pemerintah Desa sehingga tidak jalan sendiri-sendiri dalam membangun Desa.

Upayakan masyarakat dapat berpartispiasi secara aktif dalam membangun Desa.

Dan hindari penyalahgunaan dana yang telah diberikan kepercayaan penggelolaannya oleh masyarakat untuk membangun Desa.

Demikian pesan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM dalam sambutan terulis dibacakan Sekda Drs H Nurul Edy,MSi pada Pembukaan Semiloka DPRD dan SKPD PNPM Mandiri Perdesaan Tingkat Kabupaten Kapuas, Senin (9/8) di aula Bappeda Kapuas.

Dengan adanya PNPM Mandiri Perdesaan diharapkn akan menumbuhkan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan kesejahateraan masyarakat.
Disisi lain dengan adanya PNPM Madiri Perdesaan tersebut akan dapat pula menumbuhkembangkan swadaya dan partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan daerah.

Hal itu diasampaikan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi,MM dalam sambutan tertulis dibacakan sekda Drs H Nurul Edy,MSi pada Pembukaan Semiloka DPRD dan SKPD PNPM Mandiri Perdesaan Tingkat Kabupaten Kapuas, Senin (9/8) di aula Bappeda Kapuas.

Kita juga telah sepakat untuk menciptakan irama kerja diantara sesama lemabaga di tingkat desa agar bias berjalan dengan harmonis

Pemerintah Kabupaten kapus meyakini bahwa program pembangunan desa bisa diselesaikan jika didukung oleh seluruh  komponen masyarakat termasuk para aparat pemerintah das dan para pelaku PNPM Mandiri perdesaan serta masyarakat.

Sehubungan dengan itu , HM Mawardi sangat membutuhkan dukungan  dan batuan seluruh aparat desa dan pelakuPNPM Mandiri Perdesaan  guna membangun masyarakat Kabupaten Kapuas sebagaimana Visi daerah yaitu : “ Bersama membangun Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pada Agribisnis dan Agroindustri Menuju Kapuas yang Amanah (Aman, Maju, Mandiri, Sejahtera dan Tangguh).

Dilaporkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kab.kapuas Drs Ferly H Sangen,M.Si, tujuan semiloka itu antara lain memperkuat komitmen DPRD dan SKPD dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Memperkuat koordinasi lintas sektor dalam program-program pemberdayaan masyarakat maupun penanggulangan kemiskinan.

Menyususun rencana strategis program penanggulangan kemiskinan di daerah. Dan memperkuat forum DPRD dan SKPD dalam menyusun rencana kerja pembangunan Desa.

Diikuti peserta sebanyak 85 orang , terdiri dari unsur pimpinan dan anggota DPRD Kapuas, TK PNPM –MP Prov.Kalteng, SKPD, Camat, Pelaku PNPM-MP di Kab/Kec/Desa, LSM  dan Tokoh Masyarakat

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda