Sabtu, 07 Agustus 2010

PERSAGI GELAR SEMINAR “ GIZI DAN KECERDASAN ANAK SEKOLAH ”


persagi_webKUALA KAPUAS – Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) DPC Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Kabupaten Kapuas Ke-3 bekerjasama dengan Panitia HUT Ke-65 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2010 Kabupaten Kapuas , menggelar Seminar Sehari “ Gizi dan Kecerdasan Anak Sekolah” .

Seminar menghadirkan penceramah pakar gizi nasional yang juga guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) ,  Prof.DR.Sukirman,SKM,MPS-ID,Phd , dibuka dengan resmi oleh Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan,Dipl,ATP,ST, Sabtu (7/8) di gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas.

Bupati Kapuas Ir.HM Mawardi,MM dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Bupati Suraria Nahan mengatakan, keadaan gizi meliputi proses penyediaan dan penggunaan gizi untuk pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan dan aktifitas .

Kurang gizi dapat terjadi karena beberapa faktor , yaitu ketidak seimbangan asupan zat-zat gizi, faktor penyakit pencernaan, absorsi dan penyakit infeksi.

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Anak yang cerdas merupakan harapan bagi setiap orang tua, ungkap HM Mawardi.

Kecerdasan tentunya didukung oleh kualitas dan kuantitas makanan yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

Jika dari awal tidak diperhatikan, maka  akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Anak yang sehat dan cerdas merupakan modal dasar kesuksesan dimasa depan.

Jika setiap rumah tangga mampu menjalankan dan melaksanakan gizi seimbang, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan masyarakat, dengan demikian berpengaruh terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kepada Persagi , HM Mawardi berpesan agar terus berkarya dan berinovasi serta selalu kreatif untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam memperbaiki keadaan gizi masyarakat
Menurut Ketua Panitia M.Hayat,SKM,  pelaksanaan seminar bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat Kabupaten Kapuas  akan pentingnya gizi untuk pertumbuhan otak bayi dan anak usia pertumbuhan.

Diikuti peserta sebanyak  200 orang, berasal dari profesi gizi, dokter, perawat, bidan, guru TK hingga guru SLTA dan masyarakat umum .

Turut memberikan sambutan pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kab.Kapuas dr.Ani Hadaningroem, Ketua DPD Persagi Kalteng dan Ketua DPC Persagi Kabupaten Kapuas Wiwik Suhartini,Ssi.T,M.Kes.

Dihadiri Unsur Muspida, Kepala SKPD, para undangan dan sejumlah peserta seminar.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda