Selasa, 10 Agustus 2010

KEBAKARAN SERING KALI AKIBAT KELALAIAN MANUSIA


Kebakaran_webKUALA KAPUAS – Setelah dilakukan evaluasi terhadap beberapa kejadian dan pengalaman selama ini, yang menjadi permasalahan umum terkait bencana kebakaran , salah satunya bencana kebakaran seringkali diakibatkan oleh kelalaian manusia. Masih kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pencegahan kebakaran itu sendiri.

Demikian disampaikan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi,MM dalam sambutan terulis dibacakan Wakil Bupati Suraria Nahan,Dipl,ATP,ST pada pembukaan kegiatan Koordinasi dan pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan , Senin (9/8) di Aula Dinas Pendidikan Kapuas.

Pada saat ini kita akan memasuki perubahan musim penghujan ke musim kemarau, maka HM Mawardi mengingatkan perlu dilakukan kesiapsiagaan bagi aparatur Pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan yang peduli terhadap perubahan lingkungan yang berpotensi rawan terhadap kebakaran , baik itu kebakaran hutan , lahan maupun pemukiman.

Selama ini perhatian masyarakat terhadap penanganan kebakaran yang menimpa pemukiman penduduk , termasuk lingkungan strategis seperti pasar, pertokoan ataupun perumahan  sudah berjalan dengan baik dan maksimal, walaupun dengan peralatan yang sangat terbatas.

Kita akui, kiranya dari pemadam  kebakaran baik itu   milik Pemerintah maupun Badan Pemadam Kebakaran (BPK) milik swasta sudah berupaya dan bekerja semaksimal mungkin , akan tetapi masih menghadapi berbagai kendala, seperti Sumber Daya manusia (SDM) yang relatif  kurang, kondisi sarana dan prasarana yang belum memadai,dan sebagian peralatan yang perlu perbaikan dan penambahan,   ungkap HM Mawardi.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menggugah dan meningkatkan peran aktif peserta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran , baik itu kebakaran hutan, lahan maupun rumah penduduk  yang nantinya dapat disebarkan kepada masyarakat.

Kepada para pengurus dan jajaran anggota pemadam kebakaran, HM Mawardi berharap agar dapat menjaga dan memelihara sarana pemadam kebakaran yang dibantu oleh pemerintah. Juga perlu adanya kewasdapaan dari kita semua, kemudian yaang tidak kalah pentingnya peran aktif dari lapisan masyarakat sekitar untuk membantu dan mengamankan lingkungan.

Menurut Kepala Badan Kesbangpolimnas Kapuas Drs.Djumrinson,M,Pd, kegiatan itu diikuti 100 orang peserta berasal dari Dinas/Instansi, Ormas, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kapuas dan barisan Damkar swasta yang ada di Kabupaten Kapuas.

Hadir Pada kesempatan itu Unsur Muspida, Asisten Administrasi Umum Setda Kapuas Drs.Johansyah, Kepala SKPD dan sejumlah undangan lainnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda