Senin, 28 Maret 2011

PERAN TOKOH AGAMA MEMELIHARA KERUKUAN UMAT


E-mail Cetak PDF
KERUKUNAN_WEBKUALA KAPUAS – Peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam rangka pemeliharaan kerukuan umat beragama sangat dibutuhkan terutama dalam pencerahan mentradisikan sikap terbuka dan jujur dalam relasi antar umat beragama.
Demikian disampaikan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM pada Sosialisasi Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Rangka Menjaga dan Memelihara Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Kapuas, di Aula Kantor Bupati Kapuas, Senin (28/3) pagi.
Kerukunan umat beragama adalah hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya, ungkap HM Mawardi.
Kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Meskipun sampai sejauh ini Kabupaten Kapuas belum ditemui adanya konflik atau pertentangan antar umat beragama , akan tetapi perlu bagi kita untuk  waspada dan meningkatkan kedinamisan antara sesama , menjaga , memelihara kerukunan umat beragama , serta saling bekerjasama dalam pembangunan daerah, bangsa dan Negara.
Persoalan kerukunan umat beragama senantiasa perlu terus menerus disosialisasikan, karena kata HM Mawardi, tidak dapat dipungkiri bahwa konflik antar dan intern umat beragama  masih saja terus berlangsung.
“ Kerukunan umat beragama sangat  diperlukan agar kita bisa menjalani kehidupan dan bermasyarakat dengan damai, sejahtera dan jauh dari kecurigaan kepada kelompok-kelompok lain, terang HM Mawardi.
Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kesbang,Politik dan Linmas Kab.Kapuas Drs Djumrinson MPd menjelaskan, sosialisasi berlangsung satu hari ,  diikuti 100 orang peserta, terdiri dari pimpinan lembaga agama/pemuka agama, tokoh masyarakat/adapt, pempinan paguyuban/Ormas, Pemuda, Mahasiswa ,  Pengurus dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapuas.
Dihadiri Ketua DPRD Kapuas Robert L Gerung SE MM, Unsur Forkompimda , Sekda Drs H Nurul Edy MSi, Kepala SKPD dan sejumlah undangan lainya

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda