Selasa, 31 Mei 2011

FKUB GELAR DIALOG UMAT BERAGAMA


dialog_webKUALA KAPUAS – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas Mengelar Dialog Umat Beragama sehari di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas , Selasa (31/5).
Dialog dibuka dengan resmi  Bupati Kapuas, diwakili Sekda Drs H Nurul Edy MSi
Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Nurul Edy, Bupati HM Mawardi mengharapkan FKUB dapat lebih meningkatkan perannya untuk menciptakan suasana yang aman, tentram dan kondusif di masyarakat serta peka terhadap permasalahan-permasalahan yang timbul baik di lingkungan intern lembaga maupun masyarakat.
Pemerintah telah berupaya untuk menciptakan situasi yang kondisif dengan melaksanakan berbagai prorgam strategis pembangunan, salah satunya adalah terwujudnya penerapan nilai-nilai agama dalam prilaku bernegara.
Meningkatkan kesadaran kolektif umat beragama, dengan kerukunan hidup , solidaritas dan rasa kebersamaan antar umat beragama, meningkatkan peran dan fungsi lembaga keagamaan dalam mengatasi dampak negatif perubahan sosial, terang HM Mawardi.
Meningkatkan peran pemuka agama, ulama, pemuda, perempuan dan tokoh masyarakat, sehingga terciptanya suasana peran masing-masing pihak dalam pembangunan.
Sementara itu Ketua FKUB Kapuas Drs H Masyumi Rifai MAP mengharapkan, melalui dialog ini bisa menciptakan hubungan yang lebih jujur, terbuka dan dapat memberi harapan untuk tetap menjaga dan melestarikan hubungan yang harmonis dan damai dimasa kini dan masa yang akan datang, baik hubungan antar umat bergama, intern umat beragama dan hubungan antar umat beragama dengan pemerintah.
Menurut Ketua panitia, Drs H Nurani Sarji M Pd, diolog diikuti 70 orang peserta, terdiri dari ulama/tokoh agama, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Sekcam, Lurah/Kades dan pengurus FKUB.
Nara sumber, Bupati Kapuas,  judul materi Kerukunan  Umat Beragama Sebagai Modal Dasar Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.
Dandim 1011/KLK, materi tentang NKRI dan Kerukunan Umat Beragama Harga Mati. Kapolres Kapuas, tentang Pengaruh Kerukunan Umat Beragama Terhadap Kamtibmas.  Kajari Kapuas,  tantang  Peran Pakem Dalam Menangani Ahmadiyah dan Aliran Sesat di Kabupaten Kapuas.
Kepala Kementerian  Agama, materi tentang Antisipasi Timbulnya Permusuhan Intern dan Antar Umat Beragama Dalam Perbedaan Pemahaman Agama, jelas Nurani Sarji (Humas

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda