Selasa, 24 Mei 2011

PAWAI TAARUF MERIAHKAN PEMBUKAAN FASI


web_piala_fasiKUALA KAPUAS – Pembukaan lomba Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke VIII Tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2011dimeriahkan dengan pawai taaruf. Star kegiatan dimulai di Masjid Darul Muttaqin Jalan A Yani dengan finis di Lapangan Bukit Ngalangkang.
Menurut Ketua Panitia Hajjah Aliyah Mawardi total peserta sebanyak 474 orang. Meraka berasal dari 14 kecamatan ikut serta lomba FASI yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 24 sampai dengan 26 Mei 2011. 14Kecamatan dimaksud diantaranya Kecamatan Selat, Basarang, Kapuas Hilir, Kapuas Timur, Kapuas Murung, Kapuas Kuala, Mantangai, Kapuas Tengah, Kapuas Barat, Pulau Petak, Timpah, Bataguh, Tamban Catur dan Dadahup.
Menurut istri orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini nantinya para peserta akan mengikuti tiga kategori. Pertama TKA terdiri dari lomba MTQ Tartil, Adzan Dan Iqamah, Nasyid Islami, Ikrar dan Puitisasi, Cerdas Cermat Al Qur’an, mewarnai, pidato Bahasa Indonesia.
Lalu tingkat TPA terdiri dari lomba MTQ Tartil, Adzan Dan Iqamah, Nasyid Islami, Ikrar Dan Puitisasi, Cerdas Cermat Al Qur’an, Menggambar, Pidato Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk tingkat TQA memperlombakan MTQ Tilawah, Hafalan Juz ‘Amma, Terjemah Lafdziyah, Cerita Islami, Kaligrafi, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris.
”Adapun tempat pelaksaan lomba di panggung utama Halaman Bukit Ngalangkang, Aula Kantor Kementerian Agama Kapuas, Masjid Darul Muttaqin serta Masjid Riyadhul Jannah Kuala Kapuas. Khusus untuk pawai baru tahun ini dilaksanakan,” kata Aliyah.
Sementara itu Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutannya menjelaskan pendidikan Al Qur’an merupakan kewajiban kolektif oleh kaum muslimin, dalam upaya mengenalkan, mengajarkan, memahami, mengahayati, dan mengamalkan kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman dan tuntunan kebahgian hidup di dunia dan akhirat.
”Kegiatan FASI ini merupakan kegiatan yang memiliki makna penting bagi kita semua, khususnya bagi anak-anak generasi muslim, sebagai ajang prestasi, kreasi dan evaluasi keberhasilan pemberantasan buta baca tulis  Al Qur’an,” terang Bupati.
Terlebih lagi ditengah-tengah era globalisasi dan derasnya arus informasi yang semakin canggih, sehingga tantangan orang tua dalam menanamkan rasa cinta Al Qur’an kepada anak-anak menjadi tantangan tersendiri.
”Kami yakin kegiatan festival anak shaleh ini merupakan upaya efektif terhadap generasi muslim kita, dalam penyamaian nilai-nilai cinta Islam, cinta Al Qur’an yang berbudi luhur dan berakhlak mulia,” uangkapnya.
Sekaligus memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada pelatih, pembina dan ustadz / ustadzah pengajar Al Qur’an yang telah sukses mendidik santrinya, dan rasa syukur yang mendalam atas keberhasilan anak- anak santri TKA, TPA dan TQA Al Qur’an telah  pandai baca tulis dan hafalan Al Qur’an stándar yang dapat dibanggakan.
”Saya selaku kepala Pemkab Kapuas dalam hal ini menyambut baik terselenggaranya FASI VIII Tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2011 ini. Kami selalu berupaya memberikan dukungan dan meningkatkan perhatiannya terhadap pengembangan dan pendidikan Al Qur’an, khususnya di tahun-tahun yang akan datang,” tukasnya.
Ditempat yang sama Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Kalteng Shodiqul Mubin mengatakan sesuai rencana FASI Tingkat Provinsi Kalteng akan dipusatkan di Kabupaten Seruyan pada bulan pertama September. ”Untuk tingkat pusat FASI dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 27 hingga 30 September 2011,” terangnya.
Usai pembukaan dilakukan penyerahan tropi piala bergilir piala FASI dari juara umum tahun lalu Kecamatan Selat kepada Bupati. Selanjutnya piala diserahkan kepada Ketua Umum Hj aliyah Mawardi. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda