Senin, 27 Juni 2011

BUPATI HADIRI RAKERNAS APKASI DI KALBAR


web_apkasi_kalbarKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas HM Mawardi menghadiri kegiatan Rakernas/Munaslub Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalbar tanggal 24 Juni 2011. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.
Menurut John Phita Kadang,S.Sos.M.Si. selaku Koordinator Bidang Seminar dan Diklat Sekretariat APKASI Wilayah Kalteng menjelaskan ada beberapa materi yang disampaikan pada kegiatan yang dihadiri oleh ratusan bupati se Indonesia.
Materi dimaksud adalah Meramu Kebijakan Pendukung dan Penguatan Kapasitas Daerah oleh Prof.Dr. Djohermamnsyah Djohan,MA selaku Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI. Kemudian dari Dirjen Kementerian Kehutanan, Sayfullah Tamliha,SP.MS (Anggota Komisi IV DPR RI), Firman Soebagyo,SE,MH (Politisi/Anggota DPR RI), Bustanul Arifin,P.Hd. (Pakar Ekonomi Pertanian) yang berbicara tentang Ketahanan Pangan dan Kebijakan kehutanan.
Lalu Peran Otonomi Daerah Menuju Kemandirian Daerah dengan narasumber H.Chairuman Harahap,SH.MH (Ketua Komisi II DPR RI), Prof. Ramlan Surbakti,MA.Ph.D (Pakar Politik) dan Pengurus APKASI.
Dijelaskan Jhon pada saat sesi tanya jawab Bupati Kapuas yang juga sebagai Ketua APKASI Kalteng ini sempat menyampaikan masalah RTRWP di Kalteng yang hingga kini masih belum selesai. Bahkan Bupati menilai ada beberapa hal terkait persoalan yang ada di Kalteng Khususnya hasil kajian tim terpadu terkait RTRWP Provinsi Kalteng.
Yakni tentang perubahan peruntukan kawasan hutan di Provinsi Kalteng yang menurut Bupati Kapuas bahwa Tim Terpadu dalam melakukan kajian  tidak memperhatikan keadaan sesungguhnya yang terjadi di daerah dan pengambilan sampling yang tidak  menyeluruh.
Padahal untuk memberikan kepastian hukum Tim Terpadu dan Kementerian Kehutanan seharusnya terlebih dahulu melakukan sinkronisasi data  dengan mengingat ketidaksinkronan data yang ditampilkan bersifat sepihak dan tidak memperhatikan perkembangan dinamika dinamika masyarakat di Kalteng.
Adapun tema dalam pertemuan tersebut adalah “Mengejar kemandirian daerah menuju kejayaan bangsa”. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda