Kamis, 23 Juni 2011

BUPATI : WASPADAI KEBAKARAN HUTAN


dadahup_webKUALA KAPUAS – Memasuki musim kemarau , Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM mengingatkan   warga  masyarakat untuk mewaspadai kebakaran  hutan dan lahan. Caranya dengan tidak membersihan lahan pertanian  dan membuka lahan pertanian baru dengan cara membakar.
Hal  itu diingatkan  HM Mawardi saat peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Baiturrahman Dadahup II  A4 Desa Harapan Baru  dan Masjid Al Kautsar  Desa Sumber Alaska G1 Kecamatan Dadahup, Rabu (22) siang.
Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu  mengatakan, untuk pengendalian kebakaran hutan, lahan dan pekarangan memasuki musim kemarau 2011,  diperlukan kesiapsiagaan semua pihak dengan mensosialisasikan larangan membakar lahan dalam pembukaan lahan persawahan dan perkebunan sesuai aturan yang  berlaku.
“Saya minta  masyarakat untuk tidak membakar lahan dan  hutan agar asap yang ditimbulkan tidak mengganggu kesehatan. Perlu juga saya ingatkan agar tidak membuang puntung rokok sembarangan,” kata Mawardi.
Bagi warga yang ingin membakar lahan untuk pertanian  agar luasnya dibatasi dan cara  membakarnya pun harus diatur atau bergantian , secara bertahap , dan harus  di jaga , agar api tidak mudah merambat ke lahan lain atau hutan.
Pada bagian lain Mawardi mengharapkan agar masyarakat terus bersemangat, bekerja keras  dan ulet   , untuk meraih apa yang dicita-citakan  , kemudian   jangan lupa berdoa kepada Allah SWT .
“ Mari kita bekerja dengan penuh semangat untuk membangun Kapuas yang Amanah (Aman, Maju, Mandiri, Sejahtera dan Tangguh),”  ajak Mawardi.
Terus bersemangat menimba ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum , sampai akhir hayat , untuk keselamatan di dunia dan di akhirat , pintanya.
Sementara itu Ketua MUI Kapuas KH Abdul Mutahlib dalam tausiyahnya mengajak umat untuk bekerja dengan giat dan beribadah kepada Allah SWT .
Beramal zariah sesuai kemampuannya  masing-masing untuk pembangunan Masjid/Langgar dan selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Pada kesempatan itu Bupati menyerahkan batuan secara simbolis kepada pengurus Masjid Baiturahman dengan total bantuan Rp25 juta. Dana tersebut berasal dari Pemkab Kapuas Rp7 juta, dari Bupati pribadi Rp5 Juta dan  kepala SKPD yang hadir serta Dirut PDAM sebesar Rp13 juta.
Ditempat terpisah Bupati juga menyerahkan bantuan untuk Masjid Al Kautsar  sebesar Rp7 juta , kemudian di dua Desa tersebut, Bupati HM Mawardi secara pribadi menyerahkan santunan untuk para jompo dan anak yatim.(humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda