Selasa, 28 Juni 2011

BUPATI LEPAS KONTINGEN JAMNAS DAN JUMBARA PMR


web_pramuka_pmiKUALA KAPUAS – Kabupaten Kapuas secara resmi mengirimkan kontingen Cabang Gerakan Pramuka Kapuas untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke IX Tahun 2011 di Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan dan kontingen Jumbara Nasional Palang Merah Remaja VII di Gorontalo.
Pelepasan kontingen ini merupakan rangkaian kegiatan dari Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan yang digelar di Stadion Olahraga Panunjung Tarung, Selasa (28/6) pagi.
Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan bendera kontingen pramuka dan PMR serta menyematkan selayer. Kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur muspida dan sejumlah Kepala SKPD.
Dalam sambutannya, Bupati Kapuas HM Mawardi mengatakan Jambore Nasional (Jamnas) merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang se indonesia serta beberapa negara tetangga sebagai salah satu sarana pembinaan pramuka penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta jambore antara lain bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.
”Dengan ketaatan anggota pramuka pada kode kehormatan Satya dan Darma Pramuka dan Tri Bakti PMR serta tujuh prinsip dasar kepalang-merahan yang selalu di praktekan dalam kehidupan sehari-hari, akan mampu menghindari kehancuran bangsa kita,” kata Mawardi.
Terkait dengan acara pelepasan kontingen ini, perlu diketahui bersama bahwa perjalanan panjang Gerakan Pramuka sejak keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, yang intinya menyatukan dan menyerasikan gerak langkah kepanduan dengan beraneka ragam ketika itu menjadi satu dalam gerakan praja muda karana, hingga kini menjelang tahun emas 50 tahun gerakan pramuka berada dalam babak baru.
Dimana pemerintah telah  mengundangkannya  Undang-undang  Republik  Indonesia Nomor  12  Tahun 2010  tentang  gerakan  pramuka.  pada  pasal  4 undang-undang tersebut menyatakan bahwa gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.
Memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa   dalam   menjaga   dan   membangun   Negara   Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup. ”Hal inilah yang merupakan tantangan kita semua untuk mewujudkan  gerakan  pramuka  dan palang merah remaja menjadi pilihan pertama dan semakin  diminati oleh generasi muda sehingga secara cerdas dapat menangkal berbagai masalah yang dihadapi kaum muda saat ini maupun masa mendatang,” ucapnya.
Khusus kepada pimpinan kontingen, pembina pendamping, dan tim pendukung agar menjalankan tugas dan tanggungjawab secara maksimal karena kakak-kakak sekalian mendapat amanah dari Pemkab Kapuas, dan orang tua peserta untuk mendampingi, membimbing dan  mengantarkan kaum muda pramuka penggalang dan palang merah remaja dalam mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda