Senin, 25 Juli 2011

PMI PENGEMBAN TUGAS KEMANUSIAAN

ASS_TIGAKUALA KAPUAS – Palang Merah Indonesia (PMI) menyuarakan agar peringatan yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan bersama masyarakat dapat semakin menguatkan motivasi dan dedikasi, melalui jajaran masing-masing untuk mengemban tugas-tugas kemanusiaan dengan lebih baik.
Hal ini disampaikan Bupati Kapuas HM Mawardi yang diwakilkan Asisten Administrasi Umum Drs Johansyah pada Acara Pelatihan Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM), dengan tema “Bersama Untuk Kemanusiaan yang dilaksanakan di Aula Hotel Raudah, Senin (25/7) pagi.
Pada kesempatan itu,Bupati juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh anggota PMI yang telah membaktikan tenaga dan waktunya untuk memberikan pelayanan kemanusiaan di setiap masa darurat maupun masa normal.
“Seluruh anggota PMI tanpa mengenal lelah telah melakukan hal yang terbaik untuk pelayanan kemanusiaan. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk merespon kejadian pada skala lokal namun juga skala nasional,” jelasnya.
Untuk saat ini sesuai dengan program gerakan, PMI juga berpartisipasi aktif dalam memberikan advokasi tentang safety road yaitu bagaimana berkendaraan yang aman guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.
Respon tanggap darurat pada skala nasional yang baru-baru ini terjadi adalah meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara. “Respon cepat kita lakukan untuk membantu masyarakat sekitar yaitu dengan membantu melakukan evakuasi dan memenuhi kebutuhan lain bagi korban misalnya dengan memberikan bantuan pangan dan kesehatan,” ungkap Bupati.
Pada tingkat internasional, PMI dapat menempatkan diri sebagai perhimpunan nasional yang cukup diperhitungkan.  Keterlibatan anggota PMI pada respon tanggap darurat di Negara lain, yaitu dengan membantu operasi tanggap darurat pada bencana banjir di Pakistan yang telah menelan korban ribuan jiwa, membuktikan sumber daya yang dimiliki PMI layak diperhitungkan.
“Semuanya itu, menuntut kita untuk terus menerus berupaya meningkatkan kemampuan dan profesionalitas,” tungkas Mawardi. Sekedar diketahui saat ini organisasi PMI telah tersebar di 33 provinsi dan lebih dari 400 kabupaten/kota. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda