Jumat, 19 Agustus 2011

EKS PLG BISA JADI SENTRA PRODUKSI PERTANIAN BARU


web_alaskaKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas HM Mawardi menyakini jika kawasan eks proyek lahan gambut (PLG) bisa menjadi sentra produksi pertanian baru di Kabupaten Kapuas. Apalagi kawasan eks PLG khususnya di daerah Lamunti saat ini telah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat sebagai kawasan kota terpadu mandiri (KTM).

Demikian diungkapkan oleh Mawardi saat menggelar tarawih keliling (tarling) di Masjid  Al Kausar Desa Sumber Alaska Kecamatan Dadahup, Kamis (18/8) malam.

Dijelaskan Bupati kawasan eks PLG tidak bisa dikatakan gagal tapi belum berhasil. Artinya kawasan ini dapat dikelola secara maksimal agar mampu mendongkrak pendapatan bagi warga transmigrasi yang bermukim di daerah tersebut.

“Coba kita lihat daerah Basarang yang saat ini telah menjadi daerah yang berhasil dalam program transmigrasi. Bahkan jalur daerah tersebut menjadi jalan nasional sehingga akses untuk menjual hasil pertanian bisa dilakukan dengan baik,” ungkap Bupati.

Dia menggambarkan kawasan eks PLG dulunya masih sulit dijangkau melalui jalan darat karena masih bergantung dengan jalur sungai. Tapi sekarang untuk menuju kawasan eks PLG sudah tembus, sehingga diharapkan pedagang dan pembeli bisa langsung menuju lokasi ini.

“Saya ingin kisah kesuksesan transmigrasi yang ada di daerah Basarang dan juga Kalampangan (Kota Palangka Raya, red) dapat terjadi di daera hini. Bahkan beberapa waktu lalu saya telah berbicara dengan Kementerian Transmigrasi agar dapat terus membantu kawasan eks PLG ini,” ucapnya.

Sementara itu ditempat yang sama Pengurus Masjid  Al Kausar, Abdul Kadir mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan Bupati yang sudi untuk melakukan tarling di desa mereka. “Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam pelayanan ada hal yang tidak berkenan,” kata transmigran asal Lampung ini.

Dalam kegiatan tarling ini Bupati Kapuas didamping ibu Hj Aliyah Mawardi. Selain itu tampak pula Ketua MUI, Kapolres, Dandim, Kajari, sejumlah Kepala SKPD serta tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

Dipenghujung kegiatan juga diisi dengan siramah rohani yang disampaikan oleh H Marino. Sebelumnya Bupati juga menyerahkan bantuan barang dan uang tunai yang diterima langsung oleh pengurus masjid setempat (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda