Minggu, 21 Agustus 2011

PEMBANGUNAN JALAN DAN JEMBATAN DI DAERAH HULU JADI PERHATIAN


web_pujon_tarlingKUALA KAPUAS – Prioritas pembangunan tak hanya dilakukan di dalam kota Kuala Kapuas tapi juga dilakukan di daerah hulu Kabupaten Kapuas seperti Timpah, Pujon dan Sei Hanyo.

Pembangunan yang dilakukan dengan melakukan peningkatan jalan dan perbaikan jembatan sehingga akses ke daerah tersebut dapat lancar seperti yang ada di ruas Timpah menuju Pujon.

“Sebelum saya ke sini (Pojon, red) saya menyempatkan melihat hasil pembangunan di Timpah yakni pengaspalan jalan masuk kota. Allhamdulillah telah selesai dikerjakan,” kata Bupati Kapuas HM Mawardi saat menggelar tarawih keliling di Masjid Al Furqon Desa Pujon Kecamatan Kapuas Tengah, Sabtu (20/8) malam.

Menurutnya saat ini pemerintah daerah juga fokus melakukan kegiatan pembangunan di daerah hulu. Bahkan rencananya pengaspalan jalan dalam kota Pujon maupun Sei Hanyo juga akan dikerjakan.
Bahkan pada kesempatan itu Bupati juga meminta kepada Camat Kapuas Tengah untuk melakukan inventarisasi desa-desa yang belum dialiri listri, sebab saat ini pemkab tengah melakukan penjajakan untuk mendapatkan bantuan program listrik masuk desa dari pemerintah pusat.

”Selain itu juga tolong data sekolah yang rusak. Jika bangunan itu madrasah atau tsanawiyah maka akan dikoordinasikan dengan Kementerian Agama, sedangkan untuk sekolah umum menjadi tanggung jawab pemerintah daerah,” terangnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas PU Kabupaten Kapuas Amry Baharuddin menambahkan pihaknya selaku pelaksana teknis di lapangan saat ini telah melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya melakukan pengaspalan jalan ruas Timpah Pujon sepanjang 3,7 km.

Bahkan saat ini ruas jalan tersebut telah dilakukan peningkatan dari penimbunan (sirtu) menjadi agregat B. “Target kami pada tahun depan ruas sepanjang 45,3 km sudah agregat B, saat ini 24 km telah agregat sisanya pada tahun 2012,” ucap Amry.

Semebtara itu untuk pembangunan jembatan juga telah merencanakan dan membuat 12 jembatan box colvest serta tiga buah jembatan dengan kontruksi rangka baja.

“Untuk pengaspalan menuju jalan dalam kota Pujon dan Sei Hanyo akan dilakukan tahun depan. Saat ini untuk ruas jalan masuk dalam kota Timpah telah selesai di aspal,” tambahnya.

Pengurus Masjid Al Furqon H Abdul Hair dalam sambutannya mengucapkan  terima kasih atas kehadiran Bupati beserta rombongan di masjid ini. “Masjid ini dibangun sejak tahun 1981 dan pada tahun 2006 lalu telah dilakukan pelebaran masjid,” ucapnya.

Tampak hadir mendampingi Bupati Kapuas diantaranya Dandim, Ketua MUI, Kepala Kemenag, Asisten I, Asisten II, Asisten III, Ketua NU, Ketua FKUB serta sejumlah Kepala SKPD dan anggota dewan.

Disela kegiatan Bupati juga berkenan menyerahkan bantuan barang dan uang tunai kepada pengurus masjid. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu dan ibu jompo. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda