Selasa, 27 Desember 2011

KAPUAS BAGIKAN DAN TANAM 30.210 BIBIT POHON


web_tanamKUALA KAPUAS – Sedikitnya 1.050 bibit pohon ditanam pada Puncak Aksi Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (HMPI-BMN) Tahun 2011 Tingkat Kabupaten Kapuas, Selasa (27/12) pagi. Kegiatan dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Kapuas.
Sebelumnya hingga 22 Desember 2011 telah dibagikan pula bibit untuk ditanam  sebanyak 29.150 ,seperti bibit gaharu, ketapang, karet, petai, durian, lengkeng dan mahoni. Sehingga total bibit dibagikan dan ditanam sebanyak 30.210 bibit.
Menurut Plt Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kapuas, Ir Hery Palangka Jaya MP , selain di lokasi Kantor Bupati Kapuas, penanaman pohon juga dilakukan di lahan-lahan lainnya yang sudah disiapkan. Diantaranya di sepanjang Jalan Pemuda dan Jalan Transkalimantan (Jalan Jepang). “Pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2010 di Jatiluhur Jawa Barat, Bapak Presiden RI  telah mengamanatkan untuk gerakan penanaman satu miliar pohon di tahun 2011,” terang Hery.
Dijelaskan manfaat kontribusi menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca global serta mencegah terjadinya bencana alam banjir, tanah longsor pada musim hujan dan mencegah terjadinya kebakaran dan kekeringan pada musim kemarau.
Pada kesempatan itu Bupati Kapuas HM Mawardi membacakan sambutan tertulis Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Dalam amanatnya Menhut menjelaskan perbaikan lingkungan ini merupakan kerja besar dan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.
Keikutsertaan semua pihak dalam kegiatan penanaman pohon ini merupakan wujud kebersamaan pemerintah dengan masyarakat. Kebersamaan itu perlu terus dibina dan ditingkatkan dan kembangkan.
Sementara usai kegiatan penanaman Bupati menambahkan daerah-daerah yang dilihat kurang penghijauan akan ditanami pohon. Dia berharap kiranya dapat ditanam di kiri dan kanan jalan agar menjadi hijau, begitu juga lingkungan kantor, SKPD, BUMN. “Saya harap betul-betul nanti Kapuas memiliki ruang penghijauan yang luas dan saya berharap masyarakat menyadari penghijauan akan menghasilkan udara yang segar dan nyaman,” terangnya.
Dengan kebersamaan semua komponen yang ada bisa menjadikan Kabupaten Kapuas yang hijau. ”Kita juga berpartisipasi dalam menyikapi perubahan iklim dengan melakukan penghijauan melalui kegiatan penanaman pohon yang sedang kita lakukan ini,” tukasnya.
Pada kesempatan itu juga dilakukan penanamam oleh Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan , unsur Forkominda,  Ketua TP PKK Hj Aliyah Mawardi dan Kepala SKPD .
Kemudian diserahkan pula bibit dan peralatan kerja secara simbolis kepada perwakilan anggota TNI, Polri, PNS, Ormas Pemuda, Ormas Wanita, Tokoh Masyarakat dan Pelajar. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda