Kamis, 16 Februari 2012

JELANG MTQ, 476 BECAK DI CAT PUTIH


web.becakKUALA KAPUAS – Sedikitnya 200 becak telah dilakukan pengecatan untuk penyeragaman warna dari total 476 becak yang ada di Kota Kuala Kapuas. Hal ini terungkap saat kegiatan pengecetan perdana penyeragaman warna becak yang dipusatkan di halaman Kantor Dinas Perindagkop UMKM Kapuas, Selasa (14/2) siang.
Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas HM Mawardi dan ratusan abang becak yang terlihat sangat antusias hadir pada kegiatan dimaksud. Bahkan mereka saling berebutan untuk berjabat tangan dengan orang nomor satu di Kabupaten Kapuas.
Kepala Dinas Perindagkop UMKM Kapuas Ir Agung Lintar Alfian, Ms.Tr mengatakan tujuan untuk memberikan keseragaman warna putih agar seragam dan bersih.
Kemudian dalam rangka menyambut MTQ Tingkat Provinsi Kalteng serta merangkul pebecak yang kedepan dapat terbentuk kelembagaan atau organisasi kesatuan becak.
“Pengecetan telah dilakukan sejak tanggal 30 Januari lalu dan saat ini sudah di cat sekitar 200 becak dai total 467 becak,” terang Agung Lintar.
Sementara itu Bupati Kapuas HM Mawardi berjanji selain dilakukan pengecetan juga akan dilakukan penyeragaman atap becak. Menurutnya Kabupaten Kapuas pada tahun ini tepatnya pada bulan April tahun 2012 akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (mtq) ke XXVI Tingkat Provinsi Kalteng.
Lebih lanjut dikatakan becak yang merupakan salah satu alat transportasi darat tentunya akan dipergunakan oleh sebagian besar  masyarakat dan para kafilah nantinya sebagai salah satu sarana angkutan untuk menikmati keindahan Kota Kuala Kapuas.
Diharapkan terlihat indah setelah dilakukannya keseragaman warna becak cat putih sebagai lambang kebersihan. “Oleh karena itu dimohon kepada seluruh pengusaha/tukang becak dapat melayani masyarakat sebaik-baiknya,” ungkapnya.
Pembinaan yang dilakukan pemerintah terhadap pengusaha/tukang becak, tidak berhenti hanya pengecatan saja, tetapi ke depannya akan melakukan upaya pembinaan.
Diantaranya pembentukan organisasi kesatuan becak yang bertujuan untuk memudahkan pembinaan, pengawasan dan kenyamanan berusaha bagi para pengusaha/tukang becak, dimana nantinya setiap  becak mempunyai koordinator pada masing-masing pangkalannya.
Saya minta kepada dinas perindustrian perdagangan koperasi usaha mikro kecil dan menengah kabupaten kapuas, sebagai leading sektor pembinaan dan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) untuk dapat memfasilitasi para pelaku usaha becak nantinya dalam hal rencana pembentukan
Pemkab Kapuas terus berusaha untuk membangun dan menata Kota Kuala Kapuas yang kita cintai, seperti  yang kita lihat bahwa Kota Kuala Kapuas sudah mulai terlihat indah dan rapi.
Diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan penghargaan adipura dari pemerintah pusat, sebagaimana yang sudah dicapai pada saat ini. Tapi hal ini tentunya tidak akan terwujud tanpa ada rasa keperdulian dan partisipasi kita bersama dalam membangun kabupaten kapuas ke depannya. Maka pada kesempatan ini saya menghimbau kepada semua pengusaha/tukang becak di kuala kapuas, untuk ikut perduli dengan menjaga kondisi becak kita tetap terlihat indah, juga tetap memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para penumpang becak.
Usai kegiatan Bupati berkenan melakukan pengecetan salah satu becak yang dilanjutkan dengan undangan yang hadir saat itu. Bahkan pada kesempatan itu para abang becak juga sangat antusias berfoto bersama dengan Bupati. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda