Minggu, 20 Mei 2012

MOBIL HIAS KAPUAS MERIAHKAN PEMBUKAAN FBIM DAN KALTENG EXPO


web.nurul1web.nurul2PALANGKA RAYA– Dua mobil hias dari Kabupaten Kapuas mampu memukau penonton dan undangan yang hadir saat pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Kalteng Expo Tahun 2012, Sabtu (19/5) siang.
Pelepasan ini juga dirangkai dengan pawai budaya yang dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dan Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran beserta istri bertempat di Stadion Olah Raga Sanaman Mantikei.
Sementara itu pejabat yang tampak dari Kabupaten Kapuas adalah Sekda Kapuas H Nurul Edy beserta istri serta Kadis Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Porabudpar) Kabupaten Kapuas Raden Ledi Karsadati Mathias beserta istri.
Kendaraan hias diberinama “Banama Tingang Menteng Panunjun Tarung” yang merupakan perahu bentuk desaian burung tingang dan secara filosofi sebagai alat transportasi bagi roh-roh leluhur suku Dayak (Sangiang dan Patahu).
Menurut Kadis Porabudpar melalui Kabid Pariwisata, I Wayan Armatha bahwa selain menampilkan mobil hias, kontingan Kapuas juga menampilkan penari dengan menggunakan topeng Sababuka yang merupakan wujud dari roh-roh leluhur Suku Dayak yang senantiasa melindungi dari pengaruh-pengaruh jahat.
Lebih lanjut dikatakan  jumlah peserta dari Kabupaten Kapuas yang ikut FBIM sebanyak 66 orang. “Mereka mengikuti berbagai cabang lomba, diantaranya pemilihan putra dan putri pariwisata, pawai budaya, mangaruhi / maloto, besei kambe, dayung tradisional, balogo, bagasing, lomba kuliner, karungut, pakasak lamang dan mangenta,” terang Wayan dipercaya sebagai pimpinan rombongan.
FBIM  Tingkat Provinsi Kalteng  2012 dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai dengan 24 Mei Tahun 2012 dan kegiatan  dipusatkan di lapangan Temanggung Tilung Kota  Palangka Raya. Lokasi ini juga merupakan tempat diselenggarakannya Kalteng Expo. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda