Jumat, 14 Desember 2012

HARI MENANAM POHON INDONESIA


WEB.POHONKUALA KAPUAS - Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2012, Pemerintah Kabupaten Kapuas melakukan kegiatan serupa pada hari  Jum’at (14/12) pagi yang dipusatkan di lingkungan Stadion Olahraga Panunjung Tarung.

Pada kesempatan itu , yang mewakili Bupati Kapuas adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs. Nurul Edi, M.Si melakukan penanaman pohon bersama sejumlah kepala SKPD, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan undangan lainnya.

Sebelum melakukan penanaman pohon bersama, Bupati Kapuas Ir. H. Muhammad Mawardi, MM dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Kapuas Drs. H. Nurul Edy, M.Si mengatakan hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil hutan kayu, Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), kebutuhan pangan ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk penghasil oksigen, rekreasi dan konvervasi keanegaraman hayati.

“kita merasa prihatin karena pada kenyataan masih terdapat kawasan hutan yang belum kita lakukan upaya rehabilitas dan reforestasi, walaupun tingkat kerusakan hutan atau deforestasi dari tahun ke tahun mengalami penurunan” katanya.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Kapuas Ir Hery Palangka Jaya mengatakan tujuan kegiatan ini untuk merehabilitasi hutan dan lahan. Kemudian untuk konservasi keanekaragaman hayati serta peyerapan CO2.

Ditambahkan peringatan ini juga ditandai dengan penanaman dan pendistribusian bibit tanaman kepada masyarakat dan telah disistribusikan sebanyak 12.935 bibit buah dan bibit kayu. “Penanaman bibit tanaman penghijauan telah dilakukan dibeberapa lokasi seperti di kanan kiri jalan Sei Asam Kecamatan Kapuas Hilir, lokasi Gedung Gandang Garantung, Jalan Pemuda, Jalan Palingkau, Sei Pasah dan jalan arah ke Mandomai,” tuturnya.

Selain itu pihaknya juga melalui BP DAS Kahayan melalui program kegiatan kebun bibit rakyat (KBR) telah menyalurkan sebanyak 330.000 bibit pohon untuk 11 desa yang tersebar di kecamatan Kabupaten Kapuas. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda