Kamis, 08 Juli 2010

BUPATI : BIDAN MEMILIKI POSISI PENTING


ibi_webKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir. HM. Mawardi, M.M., M.Si mengatakan Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memiliki posisi penting dan strategis, terutama dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kesakitan dan Kematian Bayi (AKB) .

Hal itu disampaikan Bupati HM. Mawardi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tingkat Kabupaten Kapuas, Rabu (7/7) di Aula Bappeda Kuala kapuas.

Peringatan HUT ini akan memberikan kekentalan ikatan kekeluargaan dan kebersamaan yang tinggi diantara anggota IBI. Sehingga diharapkan HM. Mawadi akan meningkatkan kinerja para bidan yang kita kenal tugasnya sangat mulia di masyarakat, tidak peduli malam ataupun siang, hujan ataupun panas selalu siap untuk membantu masyarakat, terutama ibu-ibu yang mengandung maupun yang akan melahirkan, ungkap HM. Mawardi.

Ia mengharapkan para Bidan tetap dapat memelihara komitmen yang tinggi, membangun kelembagaan tingkat Desa, agar mampu mengendalikan serta melaksanakan proses persalinan secara baik dan selamat, agar dapat mencegah hal-hal yang membahayakan prosesi persalinan ibu-ibu melahirkan.

Dan tak kalah pentingnya peranan bidan dalam memberikan motivasi untuk mengajak dan memelihara keikutsertaan masyarakat dalam usaha keluarga berencana dengan cara menyediakan alat-alat kontrasepsi dan memberikan pelayanan yang bermutu dan sesuai dengan keperluan masyarakat.

HM. Mawardi menyambut baik kegiatan, dimana para Bidan berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan “Ibu Sehat, Anak Sehat, Bangsa Sehat, walaupun dengan biaya yang minim atau persalinan gratis.

Pada kesemapatan itu Ketua IBI Kabupaten Kapuas Danung,M.Kes membacakan sambutan tertulis Ketua Umum Pengurus Pusat IBI Dra. Harni Keosno,MKM antara lain mengatakan, agar Bidan diseluruh Indonsia dihimbau untuk memberikan pelayanan  kebidanan tetap menjaga kualitas pelayanan dan meningkatkan kemampuan sesuai perkembangan Iptek.

Sebagai ungkapan kepedulian dan perhatian IBI Kabupaten Kapuas dan Bidan terhadap masyarakat terutama untuk kelompok yang kurang beruntung, pada HUT IBI Ke-59 tersebut dilaksanakan kegiatan bakti sosial seperti : pelayanan cuma-cuma Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), KB, Imunisasi dan Silaturrahmi.

Peringatan HUT IBI itu ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun oleh sesepuh Bidan yang sudah purna tugas Ny.Punarlin Toepak kemudian kue itu diserahkan kepada Bupati HM Mawardi.
Juga pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua IBI Kabupaten Kapuas Danung,M.Kes selanjutnya diserahkan kepada bidan termuda Lia Muspitasari.

Disaksikan Ketua DPRD Robert L Gerung,S.E,M.M, Kepala SKPD dan sejumlah undangan lainnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda