Rabu, 07 Juli 2010

PENGELOLAAN PDAM HARUS SEGARA DIBENAHI


pdam_web_okKAPUAS – Pengelolaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kapuas saat ini masih menghadapi berbagai kendala. Misalnya kebutuhan air baku utama yang digunakan masih sering terganggu.

Terutama pada musim kemarau yang mengakibatkan kapasitas produksi berkurang sehingga pendistribusian kepada pelanggan tidak sesuai dengan yang diharapkan, serta tingkat kehilangan air bersih masih tinggi akibat dari usia perpipaan jaringan distribusi wilayah kota.

“Kesemua itu diharapkan agar segera diadakan pembenahan dan ditangani secara cepat dan tepat sehingga pelayanan kepada pelanggan terutama masyarakat dapat tertangani dengan baik,” kata Bupati Kapuas HM Mawardi usai melantik pejabat eselon II, III, IV dan Direktur Utama PDAM, Sabtu (3/7) pagi.

Ditambahkan tolak ukur keberhasilan PDAM dalam pengembangan dan peningkatan pelayanan juga menjadi dasar bagi Pemkab Kapuas dalam menilai tingkat keberhasilan kinerja direksi.

Indikator penilaian kinerja perusahaan sebagaimana diatur dalam Keputusan Mendagri Nomor 47 Tahun 1999. “Berkaitan dengan hal ini agar saudara memahami Keputusan Mendagri tersebut,” pinta Bupati.

Kepada pejabat Direktur Utama PDAM, untuk mencapai efektitifitas dalam pelayanan kepada masyarakat. Maka PDAM yang didirikan berdasarkan Perda Tingkat II Kapuas Nomor 15 Tahun 1990 tanggal 13 Desember 1990 tentang pendirian PDAM yang bergerak dibidang sarana penyediaan air minum.

Hal ini bertujuan untuk melayani kebutuhan air minum bagi masyarakat, disamping itu untuk mendukung serta menggairahkan kegiatan sosial dan ekonomi daerah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dan stimulan pada sektor lainnya.

Kemudian Bupati juga mengatakan agar perusahaan dapat mencapai tujuan secara optimal, maka pengelolaan perusahaan harus dilaksanakan secara propesional yang sehat, pengelolaan perusahaan yang baik memiliki perencanaan yang baik dan terarah.

Kemudian harus memperhatikan keterpaduan menyeluruh yang disusun dengan memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal serta memperhatikan kemajuan dan pengembangan kota.

Sekedar mengingatkan Ir Sri Harjito, M.Si dipercaya sebagai Direktur Utama PDAM Kapuas menggantikan Kasiyan. Sebelumnya Sri Harjito menjabat Direktur Umum PDAM. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda