Minggu, 04 Juli 2010

SKPD TEKNIS HARUS DUKUNG AKSES KE SENTRA PRODUKSI


garduKUALA KAPUAS – Peningkatan produksi di sektor pertanian menjadi salah satu program prioritas dari Bupati Kapuas HM Mawardi. Orang nomor satu di Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung ini meminta agar Dinas Pertanian dan Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas membantu peningkatan produksi pertanian. Misalnya melakukan inventarisir daerah-daerah terkait kesediaan pupuk.

Apakah telah tersedia atau tidak pupuk khususnya di daerah sentra-sentra produksi. Kalau belum tersedia, mari cari distributor-distributor pupuk untuk kesediaan pupuk. Hal ini penting dilakukan agar para petani mudah mendapatkan pupuk guna menunjang hasil panen yang baik dan melimpah.

Hal ini dikatakan Bupati Kapuas HM Mawardi saat melaksanakan Safari Jumat di Masjid “Nurul Rahman” Handil Gardu Desa Anjir Serapat Timur Km 12 Kecamatan Kapuas Tengah, Jumat (2/7) siang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah kepala SKPD termasuk Ketua MUI Kapuas KH Abdul Muthalib.

Bahkan pada kesempatan itu Bupati juga meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kapuas diminta untuk melakukan inventarisasi akses jalan menuju sentra produksi. Jika ada kerusakan atau becek, Bupati memerintahkan untuk dilakukan penimbunan berupa sirtu (pasir/batu).
“Beberapa waktu lalu saya mendengarkan keluhan masyarakat khususnya akses jalan menunju sentra produksi. Menurut mereka saat ini jalan di sejumlah handil masih rusak,” kata Mawatdi. Kemudian dirinya bersama SKPD teknis melakukan pengecekan dan ternyata benar jalan di Handil
Melati Kecamatan Kapuas Timur masih ada yang rusak.

Bahkan saat pertemuan tersebut, Bupati kembali menegaskan jalan menuju sentra produksi pada tahun 2011 mendatang harus lancar. Dirinya tidak ingin lagi mendengar adanya keluhan masyarakat yang mengaku kesulitan membawa hasil produksi, apakah padi/karet. “Tolong nanti Dinas PU dan Camat Kapuas Timur melakukan inventarisir jalan mana saja yang masih rusak. Termasuk jembatan, agar segera dapat dilakukan perbaikan khususnya pada masa anggaran APBD 2011,” tegas Bupati dihadapan Kadis PU dan Camat Kapuas Tengah.

Kedepan Bupati berharap tak hanya jenis padi saja yang dapat menjadi unggulan, melainkan karet juga bisa menjadi primadona bagi Kabupaten Kapuas. “Mari kedepan kita bersama-sama dengan pemerintah untuk terus meningkatan produksi padi termasuk karet. Saya juga berharap SKPD lain
juga dapat bersinergi membantu program tersebut. Termasuk untuk membantu kredit dana bagi para petani,” tukasnya.

Kegiatan Safari Jumat juga diisi oleh ceramah agama tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh ustad HM Nawawi dari Banjarmasin. Kemudian Bupati juga berkenan menyerahkan bantuan uang tunah senilai Rp12 juta. Bantuan itu berasal dari Pemda Kapuas Rp7
juta dan Rp5 juta dari pribadi Bupati Kapuas. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda