Sabtu, 17 Juli 2010

BUPATI INGATKAN KEPALA SKPD CERMATI PROGRAM EKONOMI MASYARAKAT


rakor_webKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir.HM.Mawardi,MM,M.Si minta untuk menjadi perhatian  semua kepala SKPD yang terkait dengan pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat agar benar-benar mencermati program/kegiatan dengan target sasaran dan lokasi yang jelas dan disesuaikan dengan kondisi serta potensi masing-masing wilayah sehingga dapat dinilai dan diukur.

Hal itu diingatkan  HM Mawardi pada  pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal)  Rencana  Pembangunan Triwulan II Tahun Anggaran 2010 Kabupaten Kapuas, Sabtu (17/7) di Aula Bappeda Kuala Kapuas.

Pemberdayaan masyarakat kata HM Mawardi, merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan . Dengan kata lain pemberdayaan adalah memampukan dan memandirikan masyarakat .

Strategi pembangunan yang tertumpu pada pembedayaan dipahami suatu proses transformasi dalam hubungan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masyarakat .

Pendekatan utama dalam konsep pemberdayaan adalah masyarakat tidak dijadikan obyek, tetapi subyek dari pembangunan.

Pendekatan itu harus terarah , mengikutsertakan atau bahkan dilaksanakan masyarakat sebagai sasaran, dan menggunakan pendekatan kelompok.

Terkaitan dengan konsep masyarakat tersebut , maka kegiaatan ekonomi masyarakat memerlukan kerja keras serta kerjasama semua pihak khususnya dari sisi Pemerintah Daerah , pekerjaan tersebut tidak bisa hanya dilakukan secara sendiri-sendiri oleh SKPD tertentu tetapi dilakukan secara bersama-sama dengan target dan sasaran yang sama yaitu bermuara pada upaya keberdayaan sosial ekonomi masyarakat, ungkap HM Mawardi.

Hal ini sangat terkait erat dengan keberhasilan pengembangan ekonomi kerakyatan atau dengan kata lain pengembangan ekonomi kerakyatan tidak akan dapat berjalan dengan baik dan efektif apabila masyakat belum memiliki keberdayaan atau kemandirian.

Menurut Ketua Bappeda Ir.Herson B.Aden,M.Si, tujuan Rakordal perencanaan pembangunan antara lain untuk mentahui secara langsung realiasasi pelaksanaan pembangunan fisik maupun keuangan dari masing-masing SKPD sampai dengan Triwulan II Tahun Anggran 2010.

Mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan berkaitan dengan peningkatan ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan masyarakat

Tema yang diangkat " Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kerakyatan "

Rakordal dipimpin lansung Bupati Kapuas HM Mawardi , diikuti   Wakil Bupati Suraria Nahan,Dipl,ATP,ST, Ketua Komisi DPRD Kapuas , Staf Ahli Bupati, ,   Asisten Sekda, Kepala SKPD, BUMN, BUMD, Camat dan  Kabag Setda Kapuas serta sejumlah peserta lainnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda