Rabu, 14 Juli 2010

KAPUAS DAN KOTA BARU SIAP JALIN KERJASAMA


kotabaru_webKUALA KAPUAS – Kunjungan Kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten Kapuas ke Kabupaten Kota Baru (Kalsel) selama dua hari 11-12 Juli 2010 berhasil menyepakati untuk menjalin perjanjian kerjasama antara daerah.

Direncaanakan nota perjanjian kerjasama itu akan ditandatangani  kedua belah pihak, Pemkab Kapuas dan Kota Baru ,  sepuluh hari setelah kunker itu , yang  berlangsung di Kuala Kapuas .
Perjanjian kerjasama tersebut  antara lain pada  sektor pembangunan pertambangan, pertanian, perkebunan,  perikanan, pelabuhan laut, dan pendidikan .

Menurut Bupati Kapuas Ir.H.M Mawardi,MM,M.Si, kunker ke Kotabaru ingin studi banding di beberapa sektor pembangunan   diantaranya pengelolaan dibidang pembangunan pertambangan, karena Kabupaten Kota Baru sudah cukup lama mengelola pertambangan sedangkan Kabupaten Kapuas baru memulai.

Pemkab Kapuas ingin bagaimana mengolola sumberdaya alam itu dengan baik  agar betul-betul membawa keberhasilan dalam pembangunan , bermanfaat bagi masyarakat dan dalam sisi lingkungan hidup bisa dipertahankan.

Disisi lain  manfaatnya untuk meningkatakan nilai  tambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kapuas.

Juga ingin menggali dan mempelajari tentang membangun pendidikan gratis 12 tahun, dengan pengalaman dari Pemkab Kotabaru, sebagai bahan kedepan Pemkab Kapuas untuk menerapkan, ungkap HM Mawardi.

Disektor perikanan  kedua Kabupaten memiliki kesamaan mempunyai kawasan laut, namun di Kabupaten Kapuas belum tergali dan belum dikelola secara maksimal untuk itu perlu mengambil pelajaran dan pengalaman dari Kabupaten Kotabaru yang sudah cukup maju.

Karena kedepan Pemkab Kapuas akan membangun pelabutan laut Batajung, maka diperlukan informasi dalam pengelolaan pelabuhan di Kotabaru.

Perlu berbagi  pengalaman dari masing-masing Kabupaten , saling mengisi untuk perbaikan kebijakan , jelas HM Mawardi.

Kabupaten Kota Baru memiliki sumber daya alam yang hampir  sama dengan Kabupeten Kapuas,  kalau ini  dikelola dengan baik , maka bukan tidak mungkin kedua Kabupaten akan memiliki pertumbuhan ekonomi yang tertinggi di Provinsinya masing-masing, terang HM Mawardi.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kota Baru Drs.H.Sjachrani Mantaja,MM menyampaikan profil Kabupaten Kota Baru.

Diantaranya ia menjelaskan potensi bahan galian di Kota Baru melipuiti  emas,  mangaan,bijih besi,  batubara andesit, batugamping,  batulempun dan batupasir kuarsa .

Sedangkan realisasi kontribusi sektor pertambangan  terhadap pendapatan daerah pada Tahun 2009 mencapai Rp. 167.608.053.879,-

Pada Kunker itu ditandai dengan tukar menukar cindramata oleh kedua Bupati . Dilanjutkan dengan peninjauan ke lapangan dan mengunjungi SKPD tehnis terkait di Kota Baru

Hadir pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kapuas Mahmud Iip Syafrudin,S.IP, Sekda Drs.H.Nurul Edy,M.Si, beberapa kepada SKPD tehnis terkait, Dirut PDAM Ir.Sri Harjito,M.Si, beberapa Camat, Ketua DPRD Kota Baru Alfidri Supiannor,ST,MAP, Unsur Muspida, dan sejumlah Kepala SKPD Kota Baru.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda