Kamis, 08 Juli 2010

SILAT DIHARAPKAN MENJADI CABOR UNGGULAN


IPSI_WEBKUALA KAPUAS - Pencak Silat diharapkan kedepan  menjadi cabang olahraga unggulan bagi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng pada even regional maupun nasional.

Harapan itu disampaikan Wakil Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kalteng yang juga Bupati Kapuas Ir. H.M Mawardi, MM.,M.Si pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) IPSI Kalteng, Rabu (7/7) di Aula Hotel Roos Kuala Kapuas.

Melihat perkembangkan  pencak silat di Kalteng dewasa ini, HM. Mawardi yakin apabila atlet pencak silat di daerah ini diberi kesempatan untuk mengikuti kejuaraan baik regional maupun nasional maka meraka akan dapat menunjukan prestasi terbaiknya yang dapat membawa nama harum daerah. Karena  pesilat Kalteng mempunyai kemampuan yang  sama dengan daerah-daerah lain.
Lebih lanjut ia katakan, pencak silat merupakan warisan budaya kedaerahan yang diangkat menjadi seni budaya nasional dan sebagai wadah pembinaan generasi muda dalam berkreasi dan mengembangkan potensi diri anak bangsa.

Membina atlet pencak silat diperlukan kebersamaan dan komitmen bersama antara Pengda IPSI dengan Pengcab IPSI yang ada di Kabupaten/Kota se Kalteng.

Kepada pengurus IPSI terpilih, diharapkan dapat lebih baik lagi dalam membina atlet, potensi atlet pencak silat cukup banyak yang tersebar Kabupaten/Kota Kalteng.

Meneruskan dan meningkatkan program kerja diantaranya pelatihan/kursus bagi pelatih dan hakim serta membuat kalender kejuaraan, sehingga diharapkan Kalteng mempunyai pelatih, hakim dan atlet tingkat regional maupun nasional, ungkap HM Mawardi.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum KONI Kalteng Drs.H.Rinco Norkim dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Ketua I Barlen,ST,MT mengatakan, dalam meningkatan prestasi atlet pencak silat diantaranya dengan cara mengikuti kompetisi-kompetisi  atau pertadingan bagi para pemula dan junior yang diselenggarakan secara berkesinambungan. Sehingga proses regenerasi atlet pencak silat dapat terus berjalan dengan baik.

Figur yang terpilih menjadi Ketua Umum IPSI Kalteng harus memahami tugas dan tanggung jawabnya. Dia harus menghayati bahwa, olahraga pencak silat adalah sarana strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia adalah pribadi yang mementingkan persatuan dan kesatuan, serta menjadikan olahraga pencak silat sebagai sarana untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Musda IPSI Kalteng dibuka Wakil Ketua KONI Kalteng Barlen,ST,MT, dihadiri Unsur Muspida Kapuas, Kepala SKPD dan sejumlah peserta Musda.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda