Jumat, 23 Juli 2010

BUPATI TERIMA PENGHARGAAN AKTA KELAHIRAN GRATIS


AKTA_WEBJAKARTA  – Setelah pada tahun sebelumnya menerima penghargaan Peningkatakan Produksi Beras Nasional dan Ketahanan Pangan 2 Tahun berturut-turut , 2008 dan 2009 dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.
Pada Tahun 2010 ini, Bupati Kapuas Ir.HM.Mawardi,MM kembali menerima Penghargaan Akta Kelahiran Bebas Bea/Gratis dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Linda Amelia Sari,S.IP,  Jum’at (23/7) sore  di Hotel Le Maridien Jakarta. Terang Kasubag Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan Humas dan Protokol Setda Kab.Kapuas Sapto Subagio, di Jakarta.

Penyerahan penghargaan itu  dalam rangka kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) 2010  diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indionesia.

Sapto mengatakan, penghargaan yang diberikan itu sebagai wujud keberhasilan Pemerintah Kabupaten Kapuas  meluncurkan program pelayanan masyarakat  pembuatan Akta Kelahiran bebas bea/gratis, yang di gagas  oleh Bupati HM Mawardi , serta didukung komponen masyarakat.

Juga sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada Kepala Daerah , yang secara kongkrit memenuhi hak sipil anak sebagai warga negara yang mempunyai hak yang sama di muka hukum.

Akta kelahiran sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk memberikan perlindungan terhadap status, dan hak sipil seseorang.

Juga sering di pergunakan  oleh masyarakat ,  diantaranya untuk persyaratan  masuk sekolah, mencari pekerjaan dan kepentingan lainnya, jelasnya.

Pemberian pelayanan publik gratis tersebut  diperlukan oleh  masyarakat , juga  untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan administrasi kependudukan , sekaligus untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat .

Dari data yang ada, terang Sapto, sejak Tanggal 1 Januari 2010  sampai dengan tanggal 20 Juli 2010 masyarakat Kabupaten Kapuas yang sudah memanfaatkan program pembuatan Akta Kelahiran bebas bea/gratis telah tercatat sebanyak 15.518 jiwa ,dari  sasaran 80.000 jiwa  dengan usia 0 -17 tahun.

Sebelum meluncurkan program  pelayanan pembuatan akta kelahiran gratis, Pemerintah Kabupaten Kapuas yang dipimpiin Bupati HM Mawartdi , telah pula memberikan  pelayanan  kepada masyarakat berupa pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) gratis, Kartu Keluarga (KK) gratis dan Sebelas Pelayanan Dasar Kesehatan Gratis.

Pada Tahun 2008 lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menobatkan Kabupaten Kapuas sebagai  pelayanan publik terbaik peringkat ke 6 se Indonesia dan Tahun 2009 naik ke peringkat ke 4 terbaik se Indonesia, terang Sapto.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda