Selasa, 31 Agustus 2010

PERTAMA DI KAPUAS LOMBA TANGLONG DAN BAGARAKAN SAHUR


siipKUALA KAPUAS – Sedikitnya 19 peserta ambil bagian dalam Lomba Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur yang digagas oleh DPD KNPI Kabupaten Kapuas, Senin (30/8) malam.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kota Kuala Kapuas  ini mendapat sambutan anstusias masyarakat.

Antusias warga terlihat saat sejumlah mobil yang dihiasi dengan berbagai lampu dengan tulisan Selamat Menjalan Ibadah Puasa dan Hari Raya Idul Fitri. Selain itu gemuruh musik yang dipadu dengan pukulan beduq menambah semarak suasana. Kemudian pawai obor juga tampak saat itu.

Pelepasan bendera start dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Kapuas Bidang Ekonomi dan Keuangan, Ir M Isak Basseri tepat di depan Rujab Bupati Kapuas disaksikan unsur Muspida dan undangan lainnya. Jalur yang dilewati dengan menyusuri Jalan Jendral Sudirman, RTA Kartini, A Yani, dan finish tepat di depan Masjid Agung Al Mukarrom Jalan Tambun Bungai.

Menurut Ketua DPD KNPI Kabupaten Kapuas Faturrahman Ruslan kegiatan ini selain dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 65 juga menyambut malam Nuzullul Quran pada bulan Suci Ramandhan. “Kegiatan ini baru pertama kali diadakan di Kota Kuala Kapuas.

Kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang berasal dari pengurus masjid/langgar, para pelajar dan BPK yang turut memeriahkan kegiatan
ini,” kata Faturahhman.

Dijelaskannya selain menggelar kegiatan ini, pihaknya juga melaksanakan pesantren kilat di sejumlah sekolah SLTP. Kemudian setiap Sabtu malam di bulan puasa juga dilaksanakan musik religi yang dirangkai dengan tausiah yang mengambil tempat di Lapangan Bukit Ngalangkang.

Bahkan rencananya KNPI juga akan melaksanakan Parade Beduk.

Sementara itu Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Kapuas Bidang Ekonomi dan Keuangan, Ir Ishak Basseri menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka ikut menyemarakkan kegiatan ibadah di bulan suci Ramandan 1431 hijriah.

“Kegiatan sebagai bagian dari tradisi dan budaya masyarakat dan sudah selayaknya kegiatan seperti ini dipertahankan dan terus dikembangkan dimasa-masa yang akan datang serta perlu dikemas secara lebih menarik yang tidak hanya sebagai syair agama tetapi dapat menjadi daya tarik pariwisata,” kata mantan Kepala Kantor Ketahanan Pangan ini.

Pada kesempatan itu Bupati juga mengimbau kepada umat muslim untuk menjadikan bulan Suci Ramadhan sebagai sarana meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam rangka meningkatkan kualitas hidup sebagai umat beragama.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada para peserta lomba dan panitia pelaksana Kemerdekaan Republik Indonesia dan Ta’mir Ramadhan 1431 Hijriah DPD KNPI yang telah bekerja keras mensukseskan terselenggaranya kegiatan ini,” tukasnya. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda