Kamis, 14 April 2011

LOMBA KULINER PROMOSIKAN MASAKAN TRADISIONAL


kuliner_webKUALA KAPUAS – Lomba wisata kuliner  untuk menggali potensi dan kreativitas peserta sekaligus memasyarakatkan dan mempromosikan masakan tradisional dan kudapan tradisonal khas Kalimantan Tengah menjadi masakan unggulan nasional dan internasional.
Demkian disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kapuas Hj Aliyah Mawardi pada pembukaan Lomba Wisata Kuliner, di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas, Kamis (14/4).
Selanjutnya Aliyah Mawardi mengatakan, potensi serta kreativitas kaum ibu-ibu kalau memang benar-benar dikembangkan  maka keterampilan memasak khas daerah pun akan mampu membuka peluang kerja bagi yang membutuhkannya.
Namun hal yang tidak kalah pentingnya seiring dengan adanya kreativitas peserta lomba adalah menghasilkan cita rasa yang dapat diterima ditingkat nasional dan internasional.
Lomba ini bermanfaat untuk membuka pola pemikiran lama menjadi pola pemikiran baru untuk menyikapi arus globalisasi yang semakin berkembang saat ini. Dimana setiap orang diwajibkan untuk terus mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan tidak lupa juga untuk pengembangan moralitas keagamaan kearah yang lebih baik, ungkap Aliyah Mawardi.
Lomba ini juga akan memberikan motivasi atau dorongan kepada kita untuk dapat diaplikasikan bukan hanya pada kecintaan kita pada makanan khas daerah saja, tetapi juga dapat memberikan peluang untuk kita memikirkan kegiatan lain yang mungkin juga banyak manfaatnya.
Tim penggerak PKK yang diakui sebagai mitra pemerintah untuk pembangunan diberbagai sektor kehidupan akan senantiasa siap dan mampu menjembatani pelaksanaan program pemerintah dengan kebutuhan masyarakat. Jajaran PKK dapat menjadi pelopor peningkatan partisipasi masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan keluarga, jelas Aliyah.
Potensi serta kreativitas kaum ibu-ibu kalau memang benar-benar dikembangkan  maka keterampilan memasak khas daerah pun akan mampu membuka peluang kerja bagi yang membutuhkannya.
Namun hal yang tidak kalah pentingnya seiring dengan adanya kreativitas peserta lomba adalah menghasilkan cita rasa yang dapat diterima ditingkat nasional dan internasional.
Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia I Wayan Arnatha SH menjeskan, lomba wisata kuliner digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kartini ke-132. Bertujuan memberikan kesempatan kepada ibu-ibu untuk berinisiatif, berkreasi memunculkan makanan khas dan kudapan tradiosioanal Kalteng agar tetap eksis.
Peserta lomba berjumlah 19 kelompok , berasal dari SKPD, Dharma Wanita Persatuan, PKK dan sejumlah organisasi wanita..
Tema lomba kuliner tahun ini adalah ” Mengangkat Unggulan Makanan Lokal Untuk Wisata Boga Kalimantan Tengah, dengan sub tema ”Melalui Lomba Wisata Kuliner Kita Tingkatkan Kecintaan Terhadap Makanan lokal Kabupaten Kapuas”, jelan Wayan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda