Kamis, 14 April 2011

PEMKAB SEDIAKAN Rp.3 MILYAR UNTUK PUPUK BERSUBSIDI

MOU_webKUALA KAPUAS – Untuk tahap pertama ini Pemerintah  Kabupaten Kapuas menyediakan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kapuas Tahun 2011  sebesar tiga Milyar rupiah yang dialokasikan dalam rangka pembiayaan  kegiatan pelaksanaan pinjaman daerah , berupa pinjaman dana bergulir untuk pengadaan pupuk bersubsidi.
Dana tersebut dipinjamkan kepada koperasi untuk dikelola kemudian disalurkan oleh koperasi atau kios pengecer pupuk. Disamping itu pemerintah daerah juga memberikan subsidi angkutan pupuk kepada petani atau kelompok tani guna meringankan ongkos angkut yang selama ini ditanggung petani.
Demikian disampaikan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM pada Penandatanganan Nota Kesepahaman (MuO) dan Perjanjian Penyaluran Pinjaman , di Aula Kantor Bupati Kapuas, Kamis ((14/4) siang.
Nota Kesepahaman (MoU) dan perjanjian penyaluran pinjaman antara Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Koperasi di Kabupaten Kapuas adalah merupakan program Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam rangka peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi, peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah,  terang HM Mawardi.
Pembiayaan untuk modal kerja koperasi yang berusaha dibidang pertanian, memberikan kemudahan bagi petani untuk mendapatkan pupuk, mendorong peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian, pengadaan sarana produksi, mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan sekaligus menjadikan Kabupaten Kapuas sebagai lumbung padi Kalimantan Tengah.
“ Dan tidak kalah pentingnya kita berupaya memutus jalur para tengkulak yang selama ini telah berkembang,  khususnya di masyarakat petani Kabupaten Kapuas” , tegas HM Mawardi.
Kepada para pengurus koperasi, HM Mawardi mengharapkan agar  memanfaatkan peluang ini dengan baik sekaligus mengelola dana secara profesional, baik dari sisi pengelolaan organisasi, keuangan, dan manajemen usaha koperasi.
Pemerintah Kabupaten Kapuas bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) . Legislatif, lembaga non Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat akan terus berupaya membina dan mengembangkan usaha mikro ,kecil,  menengah di semua sektor dan koperasi melalui program kegiatan yang dibutuhkan masyarakat.
Kepada tim pembinaan dan pegawasan penyaluran, distribusi trasposrtasi dan penagihan penyaluran pupuk bersubsidi , secara kontinyu terus melakukan pembinaan,pengawasan, pemantauan dan monitoring terhadap kegiatan koperasi dan para petani , baik pada saat penyaluran  pupuk pada musim tanam dan saat panen.
Pada kesempatan yang sama Kadis Perindagkop UMKM Kapuas Ir Agung Lintar Alfian MS Tr menerangkan, pinjaman bergulir untuk pengadaan pupuk bersubsidi bertujuan agar koperasi unit desa dapat segera melakukan pembelian dan menyalurkan pupuk kepada petani pada musim tanam April-September 2011.
Koperasi yang memperoleh pinjaman dana untuk disalurkan kepada petani dalam bentuk pupuk , sebanyak 5 Koperasi, yaitu Kopersi Karya Bersama Kecamatan Kapuas Kuala,  Mulya Bersama Kecamatan Bataguh, Berkat Mahligai Kecamatan Kapuas Timur, Lumbung Makmur Basarang dan Koperasi Tani Bangun Kecamatan Bataguh.
Penandatangan MoU dan Perjanjian Pelanyaluran Pinjaman itu disaksikan Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekda Drs H Nurul Edy MSi, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Pimpinan BUMN/BUMD, Camat , dan sejumlah undangan lainnya (Humas).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda