Jumat, 05 Agustus 2011

KAPUAS SIAP JADI TUAN RUMAH MTQ TINGKAT PROVINSI KALTENG


SEKDA_Drs_H_NURUL_EDY_MSI-WEBKUALA KAPUAS – Kabupaten Kapuas dipastikan siap menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Kalteng pada tahun 2012 mendatang. Sebagai tuan rumah saat ini Pemkab Kapuas terus berbenah untuk menyiapkan pelaksanaan MTQ tersebut.
Demikian disampaikan oleh Sekda Kapuas H Nurul Edy saat melakukan audensi dengan jajaran PWI Cabang Kalteng di Rujab Bupati Kapuas, Kamis ((4/8) malam. Kegiatan audensi ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas HM Mawardi serta Kepala Kementerian Agama Kapuas H Mahli.
Menurut Nurul Edy saat ini SK penetapan sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi dari Gubernur Kalteng telah diterima. Bahkan pihaknya telah menindaklanjuti dengan membentuk kepanitian daerah.
“Sebagai ketua umum dipercayakan kepada Bapak Bupati Kapuas dan saya sendiri sebagai ketua harian,” kata Nurul. Kemudian untuk sekretaris umum dipercayakan kepada Asisten II Setda Kapuas H Zahirsyah Rovieq.
Lebih jauh untuk kesiapan utama MTQ akan dipusatkan di Lapangan Panunjung Tarung. Kemudian sejumlah tempat juga disiapkan untuk menunjang perlombaan seperti gedung pertemuan dan Lapangan Bukit Ngalangkang.
Lebih lanjut dijelaskan untuk menampung para kafilah, pihaknya telah menyiapakn rumah-rumah penduduk untuk lokasi pemondokan ditambah penginapan berupa hotel yang tersebar di Kota Kuala Kapuas.
“Dana untuk penyelenggaraan MTQ ini diperkirakan mencapai Rp9 miliar. Nantinya sumber dana berasal dari APBD Provinsi Kalteng, APBD Kabupaten Kapuas serta sumbangan dari pihak ketiga yang tidak mengikat,” ungkapnya.
Bahkan Sekda mengaku pihaknya akan berusama maksimal menjadi tuan rumah yang baik sehingga bisa sukses melaksanakan kegiatan MTQ. Disamping sukses pelakasanaan pihaknya juga ingi sukses prestasi.
Ditempat yang sama Kepala Kementerian Agama Kapuas H Mahli menambahkan sebelum ditunjuk sebagai tuan rumah, piahknya telah mengajukan permohonan kepada LPTQ agar dapat menjadi tuan rumah MTQ.
Saat itu ada tiga daerah yang menyatakan kesanggupannya yakni Kabupaten Kotim, Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kapuas. “Allhamdulillah Kapuas yang akhirnya terpilih menjadi tuan rumah. Perlu diketahui sebelumnya Kapuas belum pernah melaksanakan MTQ tingkat provinsi, namun untuk STQ tingkat provinsi pernah menjadi tuan rumah,” ungkapnya.
Lebih jauh dijelaskan pihaknya dalam pelaksanaan MTQ tersebut akan mempersiapakn putra dan putri di daerah Kapuas untuk mengikuti rangkaian lomba MTQ. Caranya sebelum MTQ tingkat provinsi dilaksanakan akan digelar MTQ tingkat kabupaten yang direncakanakan akan dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Timur. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda