Selasa, 20 September 2011

KARTU PNS ELEKTRONIK RESMI DILUNCURKAN


web_KPE2PALANGKA RAYA – Kartu Pengawai Negeri Sipil Elektronik yang yang lebih dikenal dengan KPE resmi diluncurkan, Senin (20/9) sore di Kota Palangka Raya. Kegiatan lonching KPE ini mengambil tempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng yang ditandai dengan perjanjian kerjasana antara Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, Gubernur, Bupati/walikota dan PT Bank Pembangunan Daerah Kalteng.
Bupati Kapuas HM Mawardi pada kesempatan itu juga melakukan penandatanganan kerjasama atas nama Pemkab Kapuas dengan Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Kalteng Arthemas E Assan disaksikan oleh Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dan Deputi Bidang Kepegawaian BKN Yulina.
Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kapuas Suhardjono SH yang ikut hadir pada saat louncing KPE menjelaskan KPE dirancang oleh BKN dengan fungsi multi.
Diantaranya selain memuat profil dari PNS itu sendiri, sidik jari dan foto yang didukung oleh sistem teknologi informasi kepegawaian yang mutakhir.
Selain itu menurut mantan Kabag Hukum Setda Kapuas ini, KPE juga dapat digunakan penarikan uang tunai melalui ATM Bersama, layanan kesehatan, tabungan hari tua, tabungan perumahan serta layanan lainnya.
“Yang pasti dengan KPE nantinya akan banyak kemudahan yang dapat dirasakan oleh PNS karena kartu ini tidak mungkin dapat dipalsukan,” terang Suhardjono.
Lebih jauh dikatakan saat ini sebagian PNS di  lingkup Pemkab Kapuas telah melakukan foto dan pengambilan sidik jari untuk pembuatan KPE. Tercatat 328 PNS yang tersebar di lingkungan Setda Kapuas, Sekretariat DPRD, Inspektorat dan sebagai Kantor Sandi Daerah yang telah dilakukan pemotretan untuk pembuatan KPE. Pemotretan telah dilakukan pada tanggal 30 sampai 31 Mei 2011 yang dipusatkan di Aula Kantor Bupati Kapuas.
web_KPE_1Menurutnya saat ini total PNS yang ada di Pemkab Kapuas sebanyak 8.364 orang, baik yang bekerja sebagai tenaga kesehatan dan guru maupun yang ada di lingkungan SKPD. “Kita berharap pada tahun 2012 mendatang seluruh PNS sudah dapat memiliki KPE,” terangnya.
Lebih jauh dikatakan untuk pembuatan KPE  saat ini masih terfokus untuk enam kabupaten dan kota. Mereka adalah Kabupaten Kapuas, Sukamara, Lamandau, Katingan, Murung Raya, Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya.
Diakhir kegiatan dilakukan demo penggunaan mesin KPE yang dilakukan oleh Sekda Provinsi Kalteng Siun Jarias. Dalam peragaan ini terlihat jelas data kepegawaian milik Sekda Provinsi Kalteng yang tidak hanya memuat data pribadi sebagai PNS juga lengkap beserta keluarganya.
Selain itu juga diperagakan penarikan uang tunai melalui anjungan tunai mandiri (ATM) melalui Bank Pembangunan Daerah Kalteng. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda