Senin, 26 September 2011

PESERTA GCF KUNJUNGI KE DESA MODEL REDD+


web_petuk_putiKUALA KAPUAS - Pemerintah kabupaten Kapuas melalui Program Kalimantan Forest and Climate Partnership (KFCP) menerima kunjungan Lapangan peserta Governors Climate and Forest (GCF) di Desa Petak Puti Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas.
Ir. Herson B. Aden, M.Si  selaku Ketua Working Group REDD Kabupaten Kapuas yang saat itu mendampingi peserta ke lapangan mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan salah satu program dari kegiatan GCF yang  dilaksanakan sejak tanggal 19-23 September 2011 di Palangka Raya Kalimantan Tengah.
Herson mengatakan  bahwa para peserta telah  belajar banyak dari Kalteng bagaimana pengelola program REDD+ dengan melibatkan masyarakat sebagai pelaku dari REDD+ itu sendiri . Desa Petak Puti adalah 1 dari 7 Desa dan 14 Pemukiman dengan 9000 jiwa yang berada di Areal uji Coba REDD+ di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah,  selanjutnya para peserta di ajak melihat keindahan danau Hai  yang berada di dekat desa petak puti dengan menggunakan kloktok atau Ces.
“Di Danau tersebut para peserta GCF melakukan diskusi aktif dengan masyarakat , pemangku adat tentang mekanisme pengelolaan REDD yang dilakukan oleh masyarakat bersama dengan Working Group REDD+ dan KFCP,” Kepala Bappeda Kapuas.
Dengan demikian program REDD+ yang dilakukan KFCP  harus sinergi dan harmonis serta focus pada tiga pilar pembangunan yang meliputi ekonomi, lingkungan dan masyarakat dimana MAHAGA Lewu merupakan pondasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya ini menambahkan bahwa indikator keberhasilan REDD+ tidak hanya dinilai semata mata dari indikator keberhasilan pengurangan emisi karbon.
Melainkan juga keberhasilan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitarnya , sehingga mengurangi tekanan terhadap hutan dan eksploitasi sumberdaya alam.   (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda