Jumat, 28 Oktober 2011

PEMUDA BERPERAN DALAM PEMBANGUNAN


web_pemudaKUALA KAPUAS – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 83 Tahun 2011 di Lapangan Panunjung Tarung, Jumat (28/10) pagi berlangsung hikmad. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kapuas HM Mawardi dengan komandan upacara Sumarno.
Upacara juga dirangkai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta dan pembacaan UUD 1945. Selain itu dilanjutkan dengan pembacaan teks keputusan kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 yang didampingi oleh puluhan pemuda dan pemudi dengan pakain adat dari sejumlah daerah di Indonesia.
Tampak hadir sejumlah pejabat diantaranya, Ketua DPRD, Kapolres, Kepala Pengadilan Negeri, Dandim, Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan serta sejumlah Kepala SKPD dan undangan lainnya.
Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Dr. Andi A. Mallarangeng dalam sambutan tertulis yang bacakan oleh Bupati Kapuas HM Mawardi mengatakan peran dan partisipasi pemuda dalam pembangunan nasional merupakan hal yang nyata.
Dengan berbagai potensi, bakat, kemampuan, dan keterampilan sekaligus dengan semangat dan idealisme yang kental, keterlibatan dan peran serta pemuda dalam pembangunan nasional senantiasa memberikan warna yang khas bagi pertumbuhan dan kemajuan bangsa. Untuk itulah, keberadaan, kiprah dan masa depan pemuda harus  memperoleh kepastian garansi atau jaminan dari negara.
Tantangan baru ke depan untuk bangsa ini khususnya untuk pemuda Indonesia harus kita antisipasi. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini merupakan bagian dari antisipasi kita tentang peran kaum muda ke depan untuk membawa bangsa ini semakin jaya di masa mendatang. Kita perlu mempersiapkan orang muda untuk bisa berdaya saing dalam menghadapi globalisasi yang terus berjalan.
”Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan para pemuda Indonesia di segala bidang, di setiap pelosok indonesia, untuk bisa bersaing dan memenangkan persaingan tanpa kehilangan akar budayanya,” terangnya.
Untuk itu, pemuda Indonesia modern harus menguasai 3 bahasa, yang pertama bahasa persatuan/bahasa nasional Bahasa Indonesia, satu bahasa internasional, dan paling tidak satu bahasa daerah.
Kita mendorong dan aktif mempersiapkan orang muda untuk memasuki atau menjadi wirausaha, menciptakan lapangan kerja untuk dirinya dan untuk orang lain, memutar perekonomian Indonesia dan memajukannya, bukan saja hanya pada level nasional, tetapi juga pada level Internasional atau paling tidak pada level ASEAN. Menjadi wirausaha adalah profesi terhormat  yang membawa kemakmuran bagi bangsa Indonesia. Menjadi wiarausahawan dan membayar pajak akan menyumbang langsung pada perekonomian negara serta pembangunan bangsa.
Disamping itu Bupati Kapuas HM Mawardi juga berpesan khususnya kaum pemuda yang ada di Kabupaten Kapuas untuk sukarela berperan aktif untuk sukarela berperan aktif bersama pemerintah dan kelompok masyatakat menunjukkan keperduliannya pada setiap event dan kegiatan.
Rangkaian peringatan Sumpah Pemuda ini juga diisi pemberian penghargaan  kepada pemuda pelopor keamanan lingkungan sekaligus penyerahan piala dan pengharaan lomba olahraga dalam rangka Peringatan Sumpah Pemuda. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda