Senin, 28 November 2011

BUPATI SAMPAIKAN JAWABAN PANDANGAN UMUM FRAKSI DEWAN


web_dewan_2012KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas HM Mawardi menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi dewan terhadap penyampaian nota keuangan rancangan Perda tentang APBD Tahun 2012, Senin (28/11) pagi.
Dalam rapat paripurna ke 9 masa sidang III tahun 2011 tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Robert L Gerung didampingi Wakil Ketua DPRD H Mahmud Iif Saifudin dan H Asrani.
Dalam jawaban Pemerintah Daerah, Bupati Kapuas menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh pandangan tujuh fraksi pendukung dewan. Menurutnya seluruh fraksi pendukung dewan dapat menerima dan menyetujui untuk dibahas lebih lanjut.
“Terima kasih kepada Fraksi PDI Perjuangan memahami dan dapat menerima serta menyetujui atas pengajuan nota keuangan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran 2012 yang merupakan gambaran kemampuan keuangan daerah yang dilaksanakan pada kurun waktu tertentu,” ungkap Mawardi.
Kemudian menanggapi dari Fraksi Golkar, Bupati menyebutkan anggaran belanja yang cukup besar yang mengalami kenaikan sebesar 7,20 persen akan menjadi kebanggaan jika penggunaannya sebagian besar untuk belanja publik.
Maka dapat disampaikan bahwa apabila dibandingkan antara belanja tidak langsung dan belanja langsung terhadap total APBD adalah belanja tidak langsung sebesar 57,78 persen dan belanja langsung sebesar 42,22 persen.Lalu menggapai dari Fraksi PPP, mengenai rasionalisasi anggaran untuk menghindari penyimpangan dan pemborosan, maka dalam hal ini pemerintah daerah sangat sepakat, untuk itu beberapa waktu yang telah lalu tim anggaran pemerintah daerah telah melakukan asistensi bersama dengan seluruh SKPD terhadap rencana kerja dan anggaranya pada tahun anggaran 2012, sehingga penyimpangan maupun pemborosan dapat dihindari.
“Pemerintah daerah mengharapkan dukungan Fraksi Partai Demokrat untuk dapat menjalankan program-program pemerintah daerah, serta mengharapkan saran dan pendapat demi kemajuan pembangunan disegala bidang di Kabupaten Kapuas yang kita cintai ini,” jelasnya.
Dari PAN disebutkan terkait raperda inisiatif oleh dewan yang terhormat, sebagaimana disampaikan pada prinsipnya pemerintah daerah sangat mendukung, dan akan dilakukan pengkajian yang lebih dalam secara bersama-sama demi kelancaran pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kapuas.
Lalu dari Fraksi Partai Demokrasi Kebangsaan juga menyampaikan harapan dan respon positif terkait pengajuan raperda inisiatif DPRD, untuk itu sebagaimana jawaban terhadap dua fraksi terdahulu, bahwa pemerintah daerah sangat mendukung.
Karena hal tersebut merupakan salah satu fungsi DPRD yakni legislasi yang didalamnya adalah membuat peraturan daerah. dan pada saatnya nanti bersama antara DPRD dan pemerintah daerah melakukan pembahasan terhadap raperda inisiatif tersebut dalam kerangka mewujudkan cita-cita menyejahterakan masyarakat Kabupaten Kapuas.
Sedangkan pemandangan umumnya Fraksi Gerakan Peduli Daerah bahwa penyusunan rancangan APBD 2012, pemda telah berupaya dengan maksimal dengan pendekatan anggaran berbasis kenerja, dimana setiap kegiatan yang dianggarkan jelas tolok ukur kinerjanya yang tertuang didalam rencana kerja dan anggaran SKPD masing-masing. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda