Sabtu, 26 November 2011

MENCIPTAKAN MASYARAKAT BERADAB BAGIAN DARI JIHAD


salam_webKUALA KAPUAS – Agama Islam mengajarkan untuk menghargai perbedaan. Hal ini akan melahirkan sikap toleransi yang pada akhirnya akan menciptakan manusia-manusia beradab.
Dalam konteks ini menciptakan terwujudnya masyarakat yang beradab adalah bagian dari jihad. Karena itu ,  penyempitan  makna jihad hanya  pada perjuangan fisik dan angkat sejata kurang tepat.
Lebih dari itu , tingkat jihad yang tertinggi bukanlah perjuangan fisik atau angkat sejata, melainkan jihad melawan hawa nafsu.
Demikian antara lain materi paparan yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas H Abd Khalik M Pd pada Sosialisasi dan Pembinaan tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Dalam Pandangan Islam, di Pondok Pasentren Babussalam Kuala Kapuas, Sabtu (26/11).
Ditempat yang sama ,  Kasdim 1011 Kapuas Mayor Inf Agus Suryono dalam paparannya mengutarakan, sebagai generasi muda penerus bangsa, kesadaran berbangsa dan bernegara harus tetap terpatri di hati sanubari, sebagai wujud nyata atas kecintaan kita terhadap tanah air.
“Kita harus tanamamkan rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia , bangsa yang merdeka dan berdaulat”, katanya
“ Didalam menanamkan jiwa nasionalisme terhadap bangsa  dan negara ,  generasi muda tidak boleh lengah sedikitpun, jangan sampai terpengarus  atau terusik oleh perkembangan paham-paham bersifat individualisme, sosialisme dan materialisme serta fanatisme yang terlalu berlebihan “  , ungkap Agus Suryono.
Hal tersebut, katanya, bertantangan dengan jiwa dan norma-norma semangat Pancasila.
Sementera itu Kaban Kesbangpol dan  Limnas Kapuas Drs Djumrinson M Pd menjelaskan, kegiatan ini digelar oleh Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Kalteng bekerjasama dengan Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Kapuas. Bertujuan untuk meningkatkan  wawasan kebangsaan dan memperkuat ketahanan bela negara.
Diikuti 150 orang peserta, terdiri dari Pengurus , guru dan santri Pondok Pesantren Babussalam Kuala Kapuas.
Pada kesempatan itu Badan Kesbangpol dan Linmas Prov.Kalteng menyerahkan bantuan Sembako kepada Pondok Pesantren Babussalam Kuala Kapuas .(Humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda