Rabu, 16 November 2011

ERA GLOBALISASI TANTANGAN PERSANDIAN


utk_webKUALA KAPUAS – Dalam era globalisasi dan desentralisasi (otonomi daerah) sekarang ini, Pemerinrtah Daerah dihadapan pada berbagai tantangan persandian baik  dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) , infrastruktur, dan kelembagaan .
Tantangan tersebut perlu disikapi sebagai peluang untuk dapat memajukan persandian dan menjaga pertahanan dan keamanan negara pada umumnya.
Hal itu  dikatakan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM dalam sambuan tertulis dibacakan Asisten Administarsi Umum Setda Kapuas  Drs Johansyah pada pembukaan diskusi bersama Pemerinrtah Kabupaten Kapuas dengan Lembaga Sandi Negara RI  dalam rangka Penyusunan Naskah Akademik Perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Sandi Negara, di Aula Hotel Raudah, Rabu (16/11) pagi.
Teknologi informasi dan komunikasi menjadi aset yag sangat berharga baik bagi individu maupun kelompok, walaupun tidak semua informasi , baik berupa berita maupun suara boleh diakses dan dikonsumsi masyarakat umum.
Salah satu bentuk penanganan  yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan pengamanan persandian, dimana persandian merupakan salah satu metode dalam kegiatan pengamanan informasi rahasia.
Penyelenggaraan persadian yang dilakukan baik di pusat maupun di daerah adalah upaya untuk menanggulangi kerawanan terhadap data dan informasi yang dirasakan masih belum optimal , dan salah satu penyebabnya adalah faktor kelembagaan.
Dalam forum diskusi bersama ini, HM Mawardi mengharapkan     dapat menghasilkan dan memberikan masukan-masukan dan pemikiran sebagai bahan penyusunan naskah akademik perubahan struktur organisasi dan tata kerja Lembaga Sandi Negara.
Pada kesempatan yang sama Kepala Biro Perencanaan,Hukum,Kepegawaian dan Humas Lembaga Sandi Negara Syahrul Mubarak SIP MM mengatakan  ,dari diskusi berasama ini di harapan dapat menghasilkan organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran.
Terlaksananya sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efesien , terukur dan sesuai dengan prinsip-prinsip Pemerintahaan yang baik.
Menghasilkan pelayanan  yang prima sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat . Birokrasi dengan integritas dan kinerja yang tinggi, ungkap Syahrul ( Humas).
Dihadiri Kepala Kantor Sandi Daerah Kabupaten Kapuas Kristop SH, dan tim dari Lembaga Sandi Negera. Kemudian diikuti sejumlah SKPD terkait, antara lain, Badan Kesbangpol Limnas, Dishubkominfo, Kantor Sandi Daerah , Kantor Perpustakaan dan Arsip, Bagian Organisasi , Pemerintahan dan Bagian Umum Setda Kapuas

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda